Tes Kesegaran Jasmani Prajurit Koarmada III Harus Menjaga Jarak -->

Iklan Semua Halaman

Tes Kesegaran Jasmani Prajurit Koarmada III Harus Menjaga Jarak

Redaksi
Rabu, 26 Mei 2021

Surabaya -Segenap prajurit Komando Armada III melaksanakan tes kesegaran jasmani di dermaga Katapop Koarmada III, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Selasa (25/5/2021). Tes kesegaran jasmani ini dilaksanakan beberapa gelombang dan diharuskan menjaga jarak minimal 1,5 meter antar satu prajurit dengan prajurit lainnyaagar berjalan tertib, lancar, dan aman. 

Tes kesegaran jasmani periode pertama tahun 2021 ini merupakan salah satu instrument yang digunakan untuk mendapatkan informasi individu setiap prajurit tentang kesegaran jasmani tubuhnya. Tes kesegaran jasmani tersebut dilaksanakan tiga gelombang. Pada gelombang pertama seluruhnya Perwira, gelombang kedua Bintara, dan gelombang ketiga Tamtama yang lebih bersemangat lagi. 

Garjas dilaksanakan secara berurutan, diawali pemeriksaan kesehatan, kemudian pemanasan, selanjutnya tes sesungguhnya yang dimulai dengan lari terukur selama 12 menit dan kemampuan jarak tempuhnya untuk mengukur kecepatan dan ketahanan fisik serta mental. Tes ini juga untuk mengukur daya tahan jantung, peredaran darah, dan pernapasan.

Setelah instirahat sejenak, tes kesegaran jasmani tahap kedua, Pull Up yaitu gerakan diawali bergantung pada tiang horizontal kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang pegangan dan kembali turun sampai tangan lurus dengan kemampuan minimal 10 kali. 

Setelah itu dilanjutkan Sit Up selama satu menit untuk memperkuat otot perut dan posisi tangan dianyam di belakang kepala, pada saat bangun harus mencium lutut, mampu melaksanakan minimal 35 kali. Selanjutnya, seluruhnya melaksanakan Push Up yaitu gerakan badan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki setidaknya 35 kali.

Materi tes terakhir Shuttle Run adalah lari membentuk angka delapan di antara dua tiang yang berjarak 10 meter sebanyak tiga kali putaran guna mengukur akselerasi dan kelincahan setiap prajurit dan diupayakan tidak lebih dari 20 detik. Seluruh prajurit Koarmada III melaksanakan tes kesegaran jasmani dengan aman dan lancar.(AD)