Siswa Dikmaba PK TNI AL Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban Laksanakan Samapta Awal Pendidikan -->

Iklan Semua Halaman

Siswa Dikmaba PK TNI AL Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban Laksanakan Samapta Awal Pendidikan

Redaksi
Kamis, 27 Mei 2021

Surabaya - Sebanyak 100  Siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) TNI AL  yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-1  (Satdik-1) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berada di Tanjung Uban Kabupaten Bintan Kepulauan Riau melaksanakan tes kesamaptaan awal pendidikan yang digelar di Lapangan Hang Tuah Tanjung Uban, Bintan. Pelaksaaan samapta awal ini ditinjau langsung Komandan Satdik 1 Tanjung Uban Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, Rabu (27/5/2021). 

Adapun tujuan tes kesamaptaan awal ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi dan kebugaran fisik yang dimiliki para siswa untuk mengikuti kegiatan Pendidikan dasar  keprajuritan pada awal pendidikan  di Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban. Dalam tes Samapta ini selain dilaksanakan di awal pendidikan juga dilaksanakan diakhir sebelum penutupan pendididkan. Dengan harapan nilai kesamaptaan tersebut akan mengalami  peningkatan dibandingkan pada saat  mengawali pendidikan.

Komandan Satuan Pendidikan-1 Tanjung Uban Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, disela-sela peninjauan tes samapta pemenyampaikan bahwa tes yang dilaksanakan ini merupakan program awal yang nantinya berkesinambungan bagi siswa  Dikmaba Satdik-1 sebagai sarana untuk mengukur dan memantau kondisi fisik, kebugaran dan kesehatan para siswa.
 
Menurutnya tes samapta merupakan salah satu bidang penilaian dalam pendidikan di Sekolah Bintara Satdik-1 Tanjung Uban.  Dalam menempuh pendidikan tersebut para siswa dituntut memiliki kebugaran dan kemampuan fisik yang prima dalam mendukung kegiatan belajar mengajar maupun latihan praktek. Selama pelaksanaan kegiatan tes ini panitia menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Untuk tes samapta ini meliputi batere A berupa lari selama 12 menit, batere  B yang terdiri dari Full Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shatle Run (lari angka delapan) serta  batere C yaitu renang bertempat di kolam renang Tanjung Uban.