Tingkatkan lman Dan Takwa, Koramil 07/Johan Pahlawan Laksanakan Sholat Subuh Berjama'ah -->

Iklan Semua Halaman

Tingkatkan lman Dan Takwa, Koramil 07/Johan Pahlawan Laksanakan Sholat Subuh Berjama'ah

Redaksi
Selasa, 13 April 2021

Aceh Barat - Guna mempererat silaturahmi dan mengentalkan hubungan ukhuwah islamiyah, anggota Koramil 07/Johan Pahlawan Kodim 0105/Abar mengisi safari Ramadhan dengan melaksanakan safari sholat Subuh berjama'ah bersama warga binaan di Masjid An - Nur yang terletak di Desa Rundeng Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (13/4/2021)

Dalam pelaksanaannya, sholat Subuh berjama'ah ini di lmami oleh Tgk. H. M. Jakaria dan Tgk. Muklis sebagai Penceramah.

"Betapa pentingnya meningkatkan hubungan Hablu Minannas dan Hablu Minallah, terlebih di bulan Ramadhan yang penuh ampunan ini. Dalam Al - Qur'an telah tercantum yang artinya, jika kamu tidak mau terhina, maka lakukanlah dua hal. Yang pertama perbaikilah hubunganmu dengan Tuhan, dan yang kedua perbaiki hubunganmu dengan manusia. Niscaya hidupmu akan penuh berkah dan ketenangan", ulas Tgk. Muklis

Hal senada juga disampaikan oleh Danramil 07/JP Kapten lnf Hendra Saputra bahwa ada dua dimensi dalam puasa Ramadhan. 

"Yang pertama dan paling utama adalah Hablu Minallah, hubungan manusia dengan Tuhan yang diwujudkan melalui sholat Subuh dan ibadah puasa wajib bagi kaum muslim. Sholat subuh berjamaah sebagai ajang silaturahmi dan puasa untuk melatih mengendalikan diri, sabar, jujur dan menanamkan sifat disiplin. Sementara yang kedua adalah Hablu Minannas yang bisa diaplikasikan melalui saling berbagi dengan sesama baik dalam bentuk sedekah maupun zakat", terang Kapten Hendra

Selain itu, sambungnya lagi, puasa juga bisa dijadikan sebagai momentum untuk introspeksi dan evaluasi diri guna melakukan perubahan menuju kondisi yang lebih baik lagi kedepannya.

"Kami berharap melalui safari subuh diawal Ramadhan ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk mempererat tali silaturahmi dan menbangun komunikasi bagi semuanya. Dengan terjalinnya hubungan yang harmonis, maka akan memperkokoh sendi - sendi kekeluargaan, toleran, santun dan sinergitas yang baik semua elemen masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah. Oleh karena itu, di bulan yang penuh keistimewaan ini mari sama - sama kita jaga persatuan dan kesatuan. Bagi yang melaksanakan puasa, jalankanlah ibadah dengan keikhlasan semata - mata hanya untuk mencari ridho Allah SWT, dan bagi yang tidak melaksanakan kami himbau untuk saling menghormati sebagai wujud toleransi kerukunan antarumat beragama", pinta Kapten Hendra.(Red)