Wujudkan Anak Papua Cerdas, Dankolakopsrem 172/PWY Resmikan Pondok Baca dan Taman Bermain di Kampung Mosso -->

Iklan Semua Halaman

Wujudkan Anak Papua Cerdas, Dankolakopsrem 172/PWY Resmikan Pondok Baca dan Taman Bermain di Kampung Mosso

Redaksi
Senin, 22 Februari 2021

Jayapura - Dankolakopsrem 172/Praja Wira Yakthi bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad dan Komunitas Honda PCX CLUB Indonesia (HPCI) Jayapura Chapter meresmikan Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Kegiatan peresmian Pondok Baca dan Taman Bermain Anak yang berlangsung persis di depan Pos Mosso Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad tersebut dihadiri oleh Dankolakopsrem 172/PWY, Wakil Walikota Jayapura, Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Papua, Wakapolresta Jayapura Kota, Perwakilan Instansi pemerintahan, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama setempat.

Dalam sambutannya, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Mayor Inf Anggun Wuriyanto berharap atas kegiatan pembangunan Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso tersebut dapat bermanfaat guna mewujudkan cita-cita anak Papua sebagai penerus bangsa yang baik. "Kami bersama Komunitas HPCI Jayapura Chapter bersinergi membangun Pondok Baca dan Taman Bermain Anak ini selama dua bulan lamanya, dengan menggunakan swadaya sesuai kemampuan kami bersama," ujarnya.

"Besar harapan kami, dari pondok yang terbangun ini dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak Kampung Mosso yang dapat menggapai cita-citanya sebagai penerus bangsa yang baik," tutur Mayor Anggun dihadapan para tamu undangan.

"Selain itu juga pada momen ini, kami menampilkan ekspose kegiatan pelatihan oleh Satgas Yonif MR 413 Kostrad kepada masyarakat berupa pembuatan Gethuk Goreng oleh mama-mama dan Pot Bunga oleh pemuda, dengan harapan dapat meningkatkan usaha kecil menengah (UKM) masyarakat Perbatasan RI-PNG di Kampung Mosso ini," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komunitas HPCI Jayapura Chapter Saudara Septi Ahmad (27) turut memberikan sambutannya dalam acara peresmian tersebut. "Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Satgas Yonif MR 413/Bremoro Kostrad yang telah membantu mewujudkan impian kami dalam membangun Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso yang tidak kami duga akan semegah dan seindah ini," ucapnya.

"Kami juga berharap pemerintah dapat membangun lebih baik dan lebih banyak Pondok Baca untuk anak-anak Papua khususnya Kota Jayapura, sehingga akan terwujud minat baca dan dapat mencerdaskan anak Papua, karena buku adalah jendela dunia," kata Septi Ahmad.

Mendengar apa yang disampaikan oleh Dansatgas dan Ketua HPCI Jayapura Chapter, Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, M.M. sangat bangga dan terkesan atas jiwa kemanusiaan yang ditunjukkan oleh keduanya. "Saya sangat bangga dan menyampaikan rasa hormat kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad dan HPCI Jayapura Chapter atas kreativitasnya dalam pembuatan Pondok Baca dan Taman Bermain ini," ujarnya.

Seperti yang diketahui bahwa anak jaman sekarang tak terkecuali di Jayapura, sejak lahir hingga masa pertumbuhannya selalu dikelilingi oleh gadget atau Handphone, sehingga Pondok Baca ini sangat dirindukan kehadirannya khususnya di masa Pandemi Covid-19 ini agar dapat merubah perilaku buruk dari dampak gadget tersebut. "Jadi yang biasanya mereka pulang sekolah main Handphone, kini dengan adanya Pondok Baca dan Taman Bermain ini diharapkan mereka dapat menambah wawasan dari yang mereka dapat di sekolah serta yang terpenting masa bermain mereka dengan rekan sebayanya tidak hilang," tutur Wakil Walikota Jayapura.

Sementara itu, Brigjen TNI Izak Pangemanan, M.Han. selaku Dankolakopsrem 172/PWY menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bersama HPCI Jayapura Chapter. "Saya sangat mengapresiasi atas dedikasi dan pengabdian Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang selalu konsisten berbuat terbaik untuk masyarakat Perbatasan RI-PNG, juga kepada komunitas HPCI Jayapura Chapter yang sama-sama bertujuan untuk mewujudkan Anak Papua yang dapat diandalkan di masa mendatang," harapnya.

Selain itu, pemberian pelatihan pembuatan Pot dan Getuk Goreng yang diberikan Satgas kepada masyarakat tentu akan sangat bermanfaat. "Saya harap kegiatan ini menjadi alternatif atau mata pencaharian baru bagi masyarakat Kampung Mosso. Nanti akan kita bantu kepada pihak pemerintah untuk mendukung UKM baru ini sehingga masyarakat memiliki modal awal untuk memulainya," kata Brigjen TNI Izak.

Kegiatan peresmian Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota  ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dansatgas Yonif MR 413 Kostrad dan Ketua HPCI Jayapura Chapter serta dilanjutkan dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Wakil Walikota Jayapura Bapak Ir. H. Rustan Saru, M.M. yang menandakan resminya Pondok Baca dan Taman Bermain Anak digunakan oleh masyarakat Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.(Red)