TNI AL Laksanakan Latihan SAR Laut Bersama Basarnas Balikpapan -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Laksanakan Latihan SAR Laut Bersama Basarnas Balikpapan

Redaksi
Selasa, 16 Februari 2021

Surabaya - TNI AL menurunkan  KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR-332) beserta Heli panther 4211 yang saat ini berada dibawah kendali operasi Guspurla Koarmada II dan Lanal Balikpapan bersinergi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Balikpapan melaksanakan Latihan Bersama penanggulangan kecelakaan laut di perairan Teluk Balikpapan pada Senin (15/02).

Pada latihan Search And Rescue (SAR) yang disaksikan dan dimonitor langsung oleh Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo dari geladak KRI GNR-332 kali ini melibatkan KRI GNR-332,heli Panther HS 4211, Patkamla Lamaru Lanal Balikpapan, RHIB Basarnas dan satu kapal nelayan sebagai bulsi.

Dalam keterangannya Laksma Rahmat Eko mengatakan, " Kegiatan ini sebagai bentuk interoperability dan sinergitas dengan instansi setempat juga untuk menjaga profesionalisme prajurit KRI dan Lanal sebagai tindak lanjut perintah Pangkoarmada II Laksda I N.G. Sudhihartawan agar tiap KRI yang beroperasi selalu mengadakan latihan, yang mana hal ini selaras dengan instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang pengembangan SDM TNI AL yang unggul".

Pada kesempatan yang sama Komandan KRI GNR-332 Kolonel Laut (P) Suwarji Bimo Aji menerangkan dalam kegiatan latihan ini disimulasikan telah terjadi kecelakaan kapal nelayan saat melakukan aktivitas diteluk Balikpapan mengakibatkan jatuh  3 korban nelayan. Selanjutnya dilaksanakan SAR oleh Helikopter Panther 4211 yang bekerja sama dengan RHIB KRI GNR-332. Setelah korban berhasil ditemukan selanjutnya korban dievakuasi untuk untuk mendapatkan pertolongan dan diserahkan ke Basarnas untuk dilakukan pertolongan lebih lanjut.(AD).