Pekalongan Dilanda Banjir TNI AL Evakuasi Warga Ke Tempat Aman -->

Iklan Semua Halaman

Pekalongan Dilanda Banjir TNI AL Evakuasi Warga Ke Tempat Aman

Redaksi
Sabtu, 20 Februari 2021

Surabaya - Sejak Jumat dini hari, Prajurit TNI Angkatan Laut dari jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal melaksanakan evakuasi terhadap warga di Kabupaten Pekalongan yang berada di wilayah kerja  Pos TNI AL Wonokerto. Wilayah tersebut mengalami banjir disebabkan curah hujan yang tinggi, Jumat (19/02).

Bersama dengan satuan lain dan instansi pemerintah setempat, TNI AL mengerahkan personel, truk serta perahu karet guna mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Tercatat sebanyak 3.221 warga telah dievakuasi ke tempat yang disiapkan untuk pengungsian, seperti balai desa, Puskesmas, hingga sekolah, yang aman dari terjangan banjir.   

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc., menekankan untuk jajarannya terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang terjadi di wilayah kerjanya. "Ini respon cepat TNI AL terhadap bencana. Lantamal V menyiagakan pangkalan dan satuan di bawahnya untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, serta secepatnya melaksanakan evakuasi terhadap masyarakat yang membutuhkan pertolongan", tandas Komandan Lantamal V.
Hingga Sabtu dini hari, Lanal Tegal kembali mengerahkan perkuatan 1 unit truk dan perahu karet, untuk memperkuat sarana evakuasi di wilayah Pekalongan. "Selain itu, Lanal Tegal juga menyiagakan 2 truk dan perahu karet, guna mengantisipasi kemungkinan banjir di wilayah lain",  ungkap Komandan Lanal Tegal Letkol Marinir Ridwan Azis, M.Tr,.Hanla., CHRMP.(Red)