KRI Sultan Hasanuddin-366 Laksanakan Latihan Bersama Di Laut Mediterania -->

Iklan Semua Halaman

KRI Sultan Hasanuddin-366 Laksanakan Latihan Bersama Di Laut Mediterania

Redaksi
Senin, 15 Februari 2021

Surabaya - Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L 2019 KRI Sultan Hasanuddin- 366 kembali melaksanakan latihan bersama dengan  kapal perang Turki TCG Yildirim F 243, serta Sailing Pass dengan kapal perang Jerman FGS Magdeburg F 261 di laut Mediterania, perairan Lebanon, pada Sabtu(13/2) 

Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 yang juga Dantsgas MTF TNI Konga XXVIII-L 2019, Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS, mengungkapkan bahwa kegiatan Mailbag Transfer dilaksanakan dalam latihan _Replanishment At Sea_ yang dilaksanakan oleh dua kapal atau lebih.

"Latihan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan dukungan logistik di laut tanpa harus kembali ke pangkalan," ungkap Ludfy, sapaan karibnya.

Ludfy menambahkan jika latihan ini juga merupakan manifestasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, khususnya pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi. 
 
Latihan dimulai dari kapal perang Turki yang berperan sebagai kapal penerima, melaksanakan approach ke KRI Sultan Hasanuddin-366 hingga posisi sejajar dilanjutkan pengiriman tali pendahuluan, tali jarak serta high line terakhir pengiriman barang (Mailbag Transfer).

Kemudian pada run kedua, KRI Sultan Hasanuddin-366 berganti peran menjadi kapal penerima, melaksanakan approach kepada kapal pemberi yaitu TCG Yildirim F 243.
 
Usai berlatih mailbag transfer,  kegiatan berlanjut dengan Sailing Pass bersama kapal Jerman FGS Magdeburg F 261 dan kapal Turki TCG Yildirim F 243. Kegiatan tersebut merupakan penghormatan kepada kapal perang Jerman FGS Magdeburg F 261 yang telah selesai melaksanakan tugas sebagai unsur MTF pada misi perdamaian di Lebanon.
 
Dalam sailing pass tersebut, KRI Sultan Hasanuddin 366 melaksanakan peran parade dan penyemprotan semburan air pompa hydrant yang kemudian dibalas hal serupa oleh FGS Magdeburg F 261.(AD).