TNI Bangun Gereja, Masyarakat Kufu Tidak Lagi Beribadah Di Bawah Pohon -->

Iklan Semua Halaman

TNI Bangun Gereja, Masyarakat Kufu Tidak Lagi Beribadah Di Bawah Pohon

Redaksi
Rabu, 23 Desember 2020

Papua || ak.. 
TNI dari Korem 172/PWY melalui Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro melaksanakan kegiatan sosial dengan membangun sebuah gedung Gereja di Kampung Kufu, Distrik Arso Timur, Kab. Keerom, Papua dan telah diresmikan pada Sabtu siang, (19/12/2020).

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan bahwa Kampung Kufu adalah salah satu kampung yang terletak jauh di ujung perbatasan RI-PNG atau kurang lebih 3 Km dari kampung tersebut untuk mencapai perbatasan kedua negara. Kampung tersebut berdiri sejak 3 tahun yang lalu, dimana jarak yang jauh dari perkotaan dan jalan serta medan yang cukup sulit untuk menuju kampung tersebut.

"Kurang lebih dua bulan yang lalu, TNI dari Satgas Pamtas Yonif MR 413 Bremoro saat melakukan patroli pengamanan wilayah menemukan masyarakat ini dan kemudian melakukan pengobatan gratis dua hari setelahnya, sehingga masyarakat merasa senang karena sebelumnya belum ada instansi manapun yang datang ke kampung ini dan setelah itu masyarakat meminta untuk dibangunkan sebuah gedung gereja," kata Brigjen TNI Izak di Jayapura, Minggu (20/12/2020).

Sebelumnya, Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa menyampaikan bahwa masyarakat dari kampung ini melakukan ibadah di bawah pohon, sebab jarak gereja terdekat ke Kampung New Sangke amat jauh. "Sekarang kita buatkan gedung gereja agar masyarakat memiliki tempat yang layak untuk memuji Tuhan. Ini adalah kado Natal dari TNI. Kemudian kita juga melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dalam rangka menyambut perayaan Hari Natal serta dilaksanaan pembagian masker dan sosialisasi tentang protokol kesehatan Covid-19," ujarnya.

Sementara itu salah satu tokoh pemuda dan penggerak kampung Kufu, Nikolas, menyampaikan terima kasih kepada TNI khususnya Satgas 413/Bremoro yang telah membangunkan sebuah gedung gereja termasuk dengan seluruh fasilitas untuk beribadah di dalamnya.

"Ini sangat berarti bagi kami masyarakat kampung Kufu di bulan kasih ini, kami semua bisa merayakan natal sendiri di gereja yang sudah ada dan tidak lagi harus di bawah pohon yang biasa kami lakukan," tuturnya.

Pihaknya berharap agar hubungan kerjasama dan kekeluargaan yang telah terjalin saat ini dapat terus berlanjut. "Kami masyarakat kampung Kufu berharap agar Komandan Pos Skofro dapat tinggal lebih lama di sini bersama kami, karena kami sudah anggap seperti keluarga kami," harapnya.

Dalam kegiatan peresmian GKI Immanuel Bremoro Kampung Kufu tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Lamber Saruna Sekertaris Klasis GKI Kab. Keerom, dan dilanjutkan dengan doa bersama serta Bakti Sosial pembagian sembako dan bingkisan Natal oleh Korem 172/Praja Wira Yakti.(Red)