Satgas OBS 20 Gelar Ujian Komprehensif Umum Bagi Taruna -->

Iklan Semua Halaman

Satgas OBS 20 Gelar Ujian Komprehensif Umum Bagi Taruna

Redaksi
Selasa, 29 Desember 2020

Selat Sumba || ak.
Menjelang berakhirnya pelayaran Satgas Operasi Bima Suci (OBS) 2020 dalam rangka mendukung Latihan Praktek Kartika Jala Krida (KJK) Tahun 2020, saat melintasi perairan Selat Sumba menggelar ujian Komprehensif umum bagi Taruna Tk.III angkatan ke-67 guna mengambil nilai Lattek KJK yang masuk dalam kurikulum pendidikan Akademi Angkatan Laut, Selasa (29/12/20).

Dalam Ujian Komprehensif materi umum kali ini Komandan Satgas OBS Letkol Laut (P) Waluyo, S. H., M.Tr.Hanla. memerintahkan Perwira Pendidikan dan Latihan (Padiklat) Mayor Laut (P) Nana Masihna, S.H. untuk menggelar penilaian Komprehensif ini.

Padiklat menuturkan "Penilaian dengan metode aplikatif dan menejemen waktu ini, Taruna dibagi dalam 3 Divisi dan masing-masing Divisi dibagi menjadi 3 kelompok. Tim penilai terdiri dari 5 Pos yaitu Pos 1 dengan materi Pengenalan Kapal, Pos 2 dengan materi Kebaharian, Pos 3 dengan materi Pulau Terluar, Pos 4  dengan materi Keperwirajagaan dan Pos 5 di ruang kelas dengan materi PDD Khas TNI AL", terang Padiklat.

Dalam pelaksanaan ujian, seluruh Taruna berada di garis Start di Main Deck dilepas 1 Divisi (3 Pok) yang ditandai dengan pukulan lonceng, khusus untuk Pos 1 dan 2 harus menaiki tiang Tanggon dan Trengginas terlebih dahulu. Selesai menjawab soal yang diberikan di masing-masing ceck point, tertua kelompok meminta paraf Perwira tertua di tiap Pos. Jika seluruh kelompok telah selesai melampaui semua pos dilanjutkan kembali ke titik Finish di Main Deck dengan tanda lonceng.

Komandan Satgas OBS menuturkan "Dengan ujian Komprehensif umum menggunakan metode aplikatif dan menejemen waktu ini, Taruna nantinya akan mendapatkan nilai perorangan dan nilai kelompok", pungkas Dansatgas. Lebih lanjut beliau mengingatkan kepada panitia untuk betul-betul menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan penilaian Komprehensif seperti yang telah ditekankan oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan,S.Pi., M.M. kepada Komandan Satgas OBS untuk terus menjaga kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.(AD).