Panglima TNI :Digitalisasi Pengelolaan BMP di Lingkungan TNI Langkah Inovatif dan Adaptif -->

Iklan Semua Halaman

Panglima TNI :Digitalisasi Pengelolaan BMP di Lingkungan TNI Langkah Inovatif dan Adaptif

Redaksi
Kamis, 17 Desember 2020

Jakarta || ak.
Digitalisasi dalam pengelolaan Bahan Bakar Minyak dan Pelumas (BMP) di lingkungan TNI merupakan langkah Inovatif dan Adaptif. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta transparansi dalam pengelolaan BMP di lingkungan TNI.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P pada saat meresmikan penggunaan e-BBM di lingkungan TNI,  bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Kamis (17/12/2020).

Menurut Panglima TNI, sistem digitalisasi BMP dengan aplikasi e-BBM dalam pengelolaan BMP di lingkungan TNI ini sebagai langkah responsif dalam menghadapi era disrupsi teknologi saat ini dan perkembangan teknologi dalam revolusi industri 4.0. Aplikasi ini merupakan inisiasi Panglima TNI pada akhir 2018.

"TNI memiliki KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) yang hampir tersebar di seluruh Indonesia, pesawat terbang dan tank semuanya membutuhkan dukungan BBM termasuk juga dukungan bahan bakar untuk operasional kendaraan personel, TNI juga banyak memiliki SPBT (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Tentara) hampir dimiliki setiap Angkatan," ujarnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengatakan bahwa Prajurit TNI harus berpikir bagaimana mengefisiensikan itu semua apalagi di era digital, disitulah ide ini muncul. "Tujuannya adalah untuk menjadi media utama dalam administrasi pengelolaan BMP menggantikan sistem manual/fisik yang selama ini digunakan," katanya.  

Lebih lanjut Panglima TNI berharap sasarannya adalah terwujud efisiensi, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan BMP TNI serta sistem pengendalian dan monitoring data yang real time. "Saya yakin apabila pelaksanaan digitalisasi ini diterapkan dengan baik akan memberikan keringanan dan kemudahan bagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dalam penggunaan BMP karena secara digital setiap hari dapat ter-update dalam hal penggunaannya," jelasnya. 

Program ini diselenggarakan atas kerja sama TNI dan PT Pertamina (Persero) dengan dibukanya portal link aplikasi mySAP Pertamina sehingga terhubung dengan aplikasi e-BBM TNI, hal ini untuk mendapatkan data pemakaian produk Pertamina oleh TNI dan anggaran yang telah digunakan secara real time, dimana kedua aplikasi yaitu mySAP Pertamina dan e-BBM TNI terhubung.

Pada acara tersebut, Panglima TNI juga menggelar Video Confrence untuk berinteraksi dengan para pejabat Kepala Satuan Perbekalan dan Logistik Denma Mabes TNI, Denma Mabesad, Denma Mabesal dan Denma Mabesau, untuk meyakinkan bahwa program e-BBM ini dapat dilaksanakan di satuan jajaran TNI.(Red)