Lewat Webinar, SKK Migas dan KKKS Berikan Literasi Informasi Hulu Migas kepada Mahasiswa -->

Iklan Semua Halaman

Lewat Webinar, SKK Migas dan KKKS Berikan Literasi Informasi Hulu Migas kepada Mahasiswa

Redaksi
Kamis, 24 Desember 2020

Lhokseumawe || ak.
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama Wilayah Andaman Aceh (KKKS Andaman) dan Migas Center Universitas Malikussaleh melaksanakan Webinar dengan tema "Literasi Industri Hulu Migas untuk Kalangan Mahasiswa". Kegiatan ini digelar Selasa, (22/12/2020) melalui daring/virtual. Kegiatan ini juga didukung oleh BPMA (Badan Pengelola Migas Aceh).

Rektor Universitas Malikussaleh, yang diwakili oleh Pembantu Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Mukhlis S.H, M.H. dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan edukasi seperti ini terus dilaksanakan agar mahasiswa dapat memahami kegiatan migas di Provinsi Aceh. "Kami mengucapkan terimakasih kepada SKK Migas dan KKKS yang telah bekerjasama dengan Migas Center Unimal mengadakan kegiatan ini, kami harap kegiatan seperti ini terus dilakukan bersama Unimal dan dapat memunculkan mahasiswa yang kritis terhadap Industri Hulu Migas, untuk daerah dan Negara ". Ujar Pembantu Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan dalam sambutannya.

Sementara itu, Deputi Dukungan Bisnis BPMA Afrul Wahyuni dalam sambutannya menyampaikan bahwa Migas di Provinsi Aceh masih mempunyai potensi yang cukup besar, hal tersebut juga harus dibarengi dengan pemahaman bersama tentang industry hulu migas. "Kami harap melalui kegiatan ini mahasiswa mendapatkan informasi  dan edukasi tentang kegiatan hulu migas dengan baik sehingga bersama-sama mendukung kegiatan hulu migas di Aceh. Kegiatan ini juga merupakan awal merintis Migas Center Unimal yang lebih maju dan bermanfaat bagi mahasiswa". Ujar Afrul Wahyuni.

Spesialis Pratama Dukungan Bisnis SKK Migas Yanin Kholison menyampaikan bahwa SKK Migas dan KKKS terus berkomitmen untuk memberikan literasi informasi kegiatan hulu migas khususnya kepada mahasiswa. Hal ini diperlukan agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana operasional hulu migas. "SKK Migas terus melakukan literasi informasi hulu migas kepada mahasiswa dengan harapan mahasiswa dapat memahami bagaimana proses bisnis di kegiatan hulu migas serta manfat-manfaat yang dapat diambil dari  kegiatan hulu migas seperti diantaranya DBH, Pajak dan Retribusi Daerah, PPM dan manfaat-manfaat lainnya". ujar Yanin Kholison.

Webinar yang diikuti 430 peserta ini menghadirkan narasumber yaitu Afrul Wahyuni – Deputi Dukungan Bisnis BPMA yang membawakan paparan dengan judul "Migas di Aceh".  Dilanjutkan dengan Bapak Yanin Kholison – Spesialis Pratama Dukungan Bisnis SKK Migas Perwakilan Sumbagut dengan paparan beliau yang berjudul "Migas di Indonesia dan Peranan Migas Center".  Selanjutnya acara pembahasan materi dilanjutkan dengan pekenalan singkat dari KKKS Andaman yakni Awalus Sadeq – Community Investment Manager Premier Oil Andaman Ltd. dan Camelia M. Achmad - Government Relations & Communications Coordinator, Mubadala Petroleum Indonesia.

Webinar yang dipandu oleh Lukman Hakim, Dosen Teknik Kimia Unimal sebagai moderator, berjalan sangat interaktif, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan peserta webinar kepada narasumber yang dikemas secara menarik sehingga dapat meningkatkan literasi migas Indonesia.(HS)