Bertemu Kapal Patroli Lantamal XIV, Taruna Satlat KJK 2020 Terlibat Latihan Bersama -->

Iklan Semua Halaman

Bertemu Kapal Patroli Lantamal XIV, Taruna Satlat KJK 2020 Terlibat Latihan Bersama

Redaksi
Sabtu, 19 Desember 2020

Laut Arafuru || ak.
Taruna Akademi Angkatan Laut  (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67, Satuan Latih Kartika Jala Krida 2020 onboard KRI Bima Suci, kembali terlibat latihan bersama Kapal Patroli Lantamal XIV Sorong saat melintas Laut Arafuru dari Tual menuju Kupang, Sabtu (19/12).

Palaklat KJK 2020 Letkol Aris Dianto, M.Han menjelaskan bahwa unsur-unsur yang mengikuti latihan bersama kali ini yaitu KRI Sura dan KRI Bima Suci dengan serial latihan 1801 Communication Exercise, 1803 Mailbag Transfer Exercise, 1805, Tactical Maneuver Exercise dan terakhir adalah Flaghoist Exercise.

Menurut Aris, setelah communication check dilaksanakan, dilanjutkan dengan latihan pembekalan di laut. 

KRI Sura mengisyaratkan pembentukkan "Station L" dan menempati 300-500 yard di buritan KRI BSC. KRI BSC menaikkan bendera "R" setengah tiang saat melaksanakan persiapan mailbag transfer exercise.

Kemudian dilanjutkan menaikkan bendera "R" penuh saat siap didekati KRI Sura dengan bermanuver ke lambung kiri dengan jarak 50 yards diawali dengan berita taktis "RS 1".

Setelah KRI Sura berada pada jarak 50 yards di lambung kiri KRI BSC, kedua kapal menurunkan bendera "R" dilanjutkan menaikan sosok terbatas olah gerak.

KRI BSC menembakkan gunline ke KRI Sura selanjutnya KRI Sura mengirimkan tali jarak setelah pelaksanaan mailbag transfer exercise, kedua kapal menurunkan sosok terbatas olah gerak dilanjutkan KRI Sura akan menempati "formasi 2" jarak 500 yards di haluan KRI BSC. 

Latihan dilanjutkan dengan Tactical Manuver, setelah OCS mengisyaratkan latihan dimulai kedua unsur akan membentuk formasi sesuai OCS Tacman yaitu dengan pembentukan formasi 3 dan formasi 030 setelah itu latihan diakhiri dengan latihan Flaghoist.

Latihan ini lanjut Palaklat, digelar selain bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Perwira Pelaut dan anggota Peran RAS juga untuk memberikan gambaran dan bekal pengalaman  kepada Taruna Satlat KJK 2020 dalam menghadapi penugasan di kapal perang nantinya.(AD)