Uji Nyali, Dua Taruna AAL Raih Prestasi Diajang Lomba Menembak Dankormar Cup 2020 -->

Iklan Semua Halaman

Uji Nyali, Dua Taruna AAL Raih Prestasi Diajang Lomba Menembak Dankormar Cup 2020

Redaksi
Senin, 23 November 2020

Surabaya || ak.
Uji nyali dan tak mau kalah dengan senior dan peserta lomba lainnya, dua Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) berhasil meraih prestasi diajang bergengsi lomba menembak Dankormar Cup tahun 2020 dalam rangka peringatan HUT ke-75 Korps Marinir yang digelar selama tiga hari di Lapangan Tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., mewakili Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) yang juga turut dalam Lomba Menembak Dankormar Cup 2020 usai meyaksikan hasil yang membanggakan yang diraih anak didiknya di Cilandak, Jakarta kemarin.

Dua Taruni AAL Tingkat ll Angkatan ke-68 ini adalah Sersan Taruna (E/W) Cesha dan Sersan Taruna (S/W) Audrey yang berhasil mencatatkan namanya dipapan skor, diantara 376 peserta dari kalangan TNI, Polri, hingga sipil untuk meraih nomor di kelas lomba menembak yang diikutinya.

Sersan Taruna (E/W) Cesha berhasil meraih Juara lll Kategori Perorangan Pistol Presisi jarak 25 M, sedangkan Sersan Taruna (S/W) Audrey meraih Juara ll Kategori HPR 400 M Prone Ladies.

"Semoga hal ini bisa menjadi pelecut semangat bagi Taruna dan Taruni AAL lainnya untuk tetap semangat belajar dan berlatih, mengasah potensi diri yang dimiliki, sehingga bisa menjadi hal yang membanggakan bagi diri sendiri, orang tua dan lembaga," terangnya.  

Sebagaimana kita ketahui, Lomba Menembak Dankormar Cup 2020 dalam rangka HUT ke-75 Korps Marinir berlangsung dari tanggal 21 - 23 November 2020 ini dibuka Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono di Lapangan Tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan.

Kegiatan Lomba Menembak mengedepankan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut, diikuti oleh para petembak di jajaran TNI, Polri dan Sipil serta dijadikan sebagai even lomba untuk meningkatkan prestasi dan mendapatkan bibit-bibit petembak baru yang diharapkan dapat membawa nama harum cabang olah raga menembak di tingkat nasional maupun internasional. 

Total keseluruhan atlet peserta lomba menembak 376 orang dengan rincian, pada lomba menembak Pistol Eksekutif 20 meter, 25 meter dan Marine Style diikuti 63 orang. Peserta lomba menembak Non IPSC dan IPSC Level II 122 orang. Pada lomba menembak HPR diikuti 191 orang peserta.

Kabagpen,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.
[23/11 13.03] Ahmad Dahrowi: Ini Tampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL Saat Pukau Masyarakat Tarakan

Tarakan, (23/11).

Kehadiran Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) disetiap kota pelabuhan yang disinggahinya selalu mendapat sambutan antusias dari masyarakat, salah satu tampilan yang dinantikan dan memukau adalah saat Genderang Suling Gita Jala Taruna dimainkan calon-calon perwira TNI AL ini, seperti  display GS Gita Jala Taruna di Lapangan Mako Lantamal XIII Tarakan, Kalimantan Utara, Senin, (23/11).

Palaklat KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han menyampaikan penyelenggaraan display ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dimana Prokes 3 M tetap dijalankan dan sebelumnya didahului dengan pengecekan suhu dan menyemprotkan cairan disinfektan kepada seluruh tamu yang hadir.

Display GS Gita Jala Taruna lanjut Palaklat, diawali dengan laporan oleh Taruna Seksi Acara kepada Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, setelah itu display dimainkan dibawah pimpinan PJS Tambur Mayor 1 Sermadatar (P) Gregorius Galiel Situmorang, PJS Tambur Mayor 2 Sermadatar (S) Rizqi Taufiqrokhman, PJS Tambur Mayor 3 Sermadatar (P) Devi Maulidya dan PJS Tambur Mayor 4 Sermadatar (S) Tresna Aulia.

Pada display kali ini tambah Palaklat, GS Gita Jala Taruna menampilkan beberapa formasi, yaitu Formasi T merupakan awal dari kata Taruna yang harus memiliki sikap Tanggap, Tanggon, dan Trengginas. 

Kemudian formasi kedua, menampilkan Formasi AAL yang diiringi lagu Akabri Jaya merupakan singkatan dari Akademi Angkatan Laut yang merupakan tempat bagi para Taruna untuk menyiapkan jati dirinya guna menjadi generasi penerus bagi Angkatan Laut di masa yang akan datang. 

Menurutnya, di AAL para Taruna dididik, dibina dan ditempa guna menjadikan dirinya sebagai seorang perwira yang handal serta perwira yang cakap dengan memegang teguh Disiplin, Hirarki serta Kehormatan Militer. 

Formasi ketiga yaitu Formasi 67 dengan diiringi lagu Kelap Kelip. Angka 67 berarti bahwa para Taruna AAL Angkatan Ke-67 yang selalu bangga akan almamater tercinta, serta siap menjadi calon pemimpin TNI AL di masa depan dengan selalu berpegang teguh pada Pancasila, Sapta Marga serta Sumpah Prajurit akan senantiasa menjadi pedoman kami Para Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-67.

Dan sebagai penutup, mereka menampilkan Formasi 5 Banjar dengan diiringi lagu Selamat Jalan. Terlihat jelas semangat Genderang Suling Gita Jala Taruna, berjalan tegak selaras dengan alunan nada yang dikumandangkan. 

Hadir dalam acara tersebut Danlantamal XIII Laksma TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., PJS. Gubernur Kaltara Dr. H. Setyabudi M. Pd., Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Suratno S.I.P, Kabinda Kaltara Brigjen TNI Sulaiman.

Hadir juga Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Ria Sudihartawan, Ketua DJA XIII Ny. Putri Haris Bima, Kadepjas AAL Kolonel Mar Drs. Sonny Kunila, Kadeppel AAL Kolonel Laut (P) Maman Nuracman, Dansatban Kolonel Laut (P) Budi Santosa, Kajari Tarakan Fahturi, S.H, M.H. serta Kepala Kantor Bea Cukai Tarakan Minhajuddin Napsah, S.T.(Red)