Satgas Perisai Sakti-20 Periksa Mercusuar Dan Bendera Di Karang Unarang -->

Iklan Semua Halaman

Satgas Perisai Sakti-20 Periksa Mercusuar Dan Bendera Di Karang Unarang

Redaksi
Jumat, 13 November 2020

Surabaya || ak.
Prajurit Satgas Perisai Sakti-20 di bawah kendali operasi Guspurla Koarmada II melaksanakan pengecekan bangunan mercusuar dan penggantian bendera merah putih di Suar Karang Unarang, yang berlokasi di perbatasan Indonesia-Malaysia pada Selasa (10/11/2020).

Proses pengecekan bangunan dan penggantian bendera yang terdapat di mercusuar Karang Unarang tersebut, dipimpin oleh Dantim Kopaska Letda Laut (KH) Sidik dan melibatkan tujuh prajurit gabungan dari  Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II dan prajurit Satgasmar Ambalat XXVI yang tergabung dalam operasi Perisai Sakti-20.

Letda Sidik menjelaskan, jika proses pengecekan bendera merah putih dan mercusuar adalah bentuk penegakkan kedaulatan NKRI di perairan Ambalat sekaligus menunjukkan eksistensi atau kehadiran TNI, khususnya TNI AL di wilayah tersebut.

Terpisah, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo menjelaskan jika kegiatan pengecekan ini memerupakan kegiatan rutin yang setiap bulannya dilaksanakan oleh satgas pengamanan perbatasan dibawah kendali Guspurla Koarmada II untuk mengecek kondisi fisik bangunan dan sekitarnya.

" Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk keseriusan TNI AL dalam hal ini Koarmada II, dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI khususnya wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia." pungkas Laksma Rahmat Eko.(AD).