Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan dan Terluar -->

Iklan Semua Halaman

Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan dan Terluar

Redaksi
Minggu, 08 November 2020

Surabaya || ak.
Setelah lima hari berlayar melewati laut Natuna Utara, kini KRI Bima Suci tiba di Pulau Laut yang berjarak 706 NM dari Tanjung Uban dan 107 NM dari Ranai. Pulau laut merupakan pulau yang berada di perbatasan antara negara Vietnam dan Malaysia di laut Cina Selatan yang memiliki luas 37,58 km2 dan berdekatan dengan pulau Sekatung yang memiliki luas 1,65 Km2 dibawah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, pada Sabtu (07/11/20).

Dalam kunjungan ke pulau Perbatasan kali ini, Komandan Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci (OBS) 2020 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla. yang didampingi Palaklat Kartika Jala Krida 2020 melaksanakan Bhakti Sosial dengan memberikan bantuan Dukungan Logistik dan Alat Kesehatan kepada Pos TNI AL Pulau Laut yang diwakili Babinpotmar Serka TTG Suparno serta bantuan kepada Satgas Pam Puter (Pulau Sekatung) yang diterima langsung oleh Letda Inf B Saragih.

Letkol Waluyo - sapaan karib Komandan Satgas OBS mengatakan, "kegiatan kunjungan ke Pulau Laut adalah implementasi dari perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap unsur KRI dalam setiap operasi menyempatkan singgah di pos-pos TNI AL maupun satgas yang bertugas di pulau terdepan dan terluar NKRI untuk memperkuat sinergitas TNI AL", tutur Letkol Waluyo.

Lebih lanjut Komandan Satgas OBS mengatakan bahwa "kunjungan ke Pulau Laut merupakan rangkaian kegiatan Satgas OBS yang bertujuan untuk memberikan bantuan Logistik dan Alat Kesehatan kepada Posal dan Satgas Pam Puter serta sebagai sarana pembelajaran pengetahuan batas wilayah NKRI kepada para Taruna AAL. Disamping itu juga sebagai upaya memperkuat sinergitas antar prajurit TNI AL, terutama yang berdinas menjaga garda terdepan NKRI", pungkas beliau.

Kepada Dansatgas Puter Pulau laut, Letkol Waluyo menyampaikan "Semoga bantuan yang diberikan oleh Satgas Operasi Bima Suci 2020 ini bisa bermanfaat bagi Satgas Puter Pulau Laut dalam melaksanakan tugas di perbatasan. Selamat Bertugas, tetap semangat untuk menjaga kedaulatan NKRI", pungkas Letkol Waluyo sembari memberikan semangat kepada prajurit penjaga perbatasan.

Dalam pelaksanaan penyerahan bantuan Duklog dan Alkes tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebagai tindak lanjut dari penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. kepada Komandan Satgas OBS guna mencegah penularan Covid-19.(AD)