Siswa SMK KAL-1 Laksanakan Tes Garjas Versi Militer -->

Iklan Semua Halaman

Siswa SMK KAL-1 Laksanakan Tes Garjas Versi Militer

Redaksi
Rabu, 14 Oktober 2020

Surabaya || ak.
Sekolah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) Surabaya, Rabu (14/10/20) melaksanakan tes kesegaran jasmani  berlangsung di Lapangan  Dewaruci Komando  Pembinaan  Doktrin,  Pendidikan dan Latihan TNI AL / Kodiklatal dengan melibatkan  siswa kelas XII jurusan Teknik Pemesinan / TPM dan Teknik Kendaraan Ringan / TKR.

Letkol Laut (KH) Drs . Kardiman selaku pembina siswa yang  tergabung dalam ekstrakurikuler TNI khusus membina serta memberi pembekalan  materi tes garjas yang biasa dilaksanakan di kalangan TNI AL. Selama pelaksanaan tes garjas meliputi baterai A dan baterai B.

Sesi pertama baterai A melaksanakan lari keliling lapangan selama 12 menit.  Untuk pencapaian standar kelulusan  lari selama 12 menit (lari garjas) menempuh 2400 m ( 6 kali putaran lapangan) itu standar terendah. Untuk pecapaian hasil maksimal bisa sebanyak mungkin selama waktu 12 menit , karena dalam pelaksanaan tes garjas masuk TNI persaingan sangat ketat, untuk itu pencapaian  nilai di baterai A harus semaksimal mungkin.

Sesi ke dua baterai B meliputi push up, pull ups, sit ups, shuttle run. Pada sesi ini peserta melaksanakan secara bergantian per tiga siswa dalam kegiatan secara bersambung dengan penilai dari personil TNI AL  korps Jas dari Kodiklatal terdiri dari Serka Jas Retu dan Serka Jas Dames .

Siswa peserta tes garjas kali ini terdiri dari dua jurusan, jurusan Teknik Pemesinan dan jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Mereka ini sangat antusias mengikuti tes karena kedepan mereka memang memiliki  cita-cita untuk masuk ke dunia militer/ TNI. 

Menurut salah satu siswa Rangga Permata Putra kelas XII TPM,  "dengan mengikuti latihan secara rutin yang di selenggarakan sekolah akan dapat mencapai target bisa lulus  tes masuk TNI setelah lulus dari sekolah kelak" akunya.

 Hasil penilaian sementara dapat disimpulkan bahwa rata-rata peserta tes belum  mencapai nilai dengan standar kelulusan,  namun ada juga beberapa siswa yang menjalani tes garjas kali ini sudah mendekati standar kelulusan. 
Diharapkan para siswa ini akan semakin rajin berlatih baik dirumah atau di sekolah sesuai jadwal latihan.

Selama pelaksanaan tes garjas Kepala Sekolah SMK KAL -1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto di dampingi Waka Kesiswaan dan Humas Munawar, S.Pd , guru PJOK Imam, Koordinator ekstrakurikuler Agus Kristanto, ST turut mendampingi siswa di lapangan Dewaruci Kodiklatal tempat pelaksanaan tes garjas berlangsung.(AD).