Satgasmar Ambalat XXVI, Pastikan Patok Perbatasan Tidak Bergeser -->

Iklan Semua Halaman

Satgasmar Ambalat XXVI, Pastikan Patok Perbatasan Tidak Bergeser

Redaksi
Minggu, 04 Oktober 2020

Surabaya || ak.
Prajurit Satgasmar Ambalat XXVI, yang berada dibawah kendali operasi Guspurla Koarmada II melaksanakan Patroli Patok Perbatasan antara Indonesia - Malaysia di Desa Aji Kuning, Sebatik Utara, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara pada Minggu(04/10/2020).

Patroli patok yang dilaksanakan secara rutin ini dipimpin oleh Sertu Marinir Tutut, dan bertujuan untuk mengecek secara langsung keberadaan patok guna memastikan titik koordinat sudah sesuai dengan data serta tidak mengalami pergeseran atau perubahan. 

"Sudah kami periksa secara langsung, dan melaporkan kepada satuan atas bahwa patok tersebut tidak bergeser dari titik koordinat. Patok juga dalam kondisi baik, ada 10 patok yang kami periksa secara langsung menggunakan alat GPS, " jelas Sertu Marinir Tutut usai patroli. 

Di tempat terpisah, Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmad Eko Rahardjo mengatakan,  selain memastikan posisi patok tidak bergeser,  tim patroli juga bertugas mencegah tindak kejahatan yang kerap terjadi di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. 

" Langkah dan upaya yg dilaksanakan oleh pos-pos kami, selain untuk memastikan keamanan dan terlindunginya warga perbatasan, juga untuk mencegah tindak kejahatan serta kemungkinan penyelundupan  barang illegal yang dikirimkan melalui jalur- jalur tikus," ujar Laksma Rahmad. 

Rahmad juga menambahkan, jika yang dilaksanakan oleh Satgasmar Ambalat XXVI  sesuai dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, terkait eksistensi unsur-unsur Koarmada II dalam menjaga kedaulatan NKRI.(AD)