Pangkoarmada II Hadiri Upacara HUT Ke-75 TNI Secara Virtual -->

Iklan Semua Halaman

Pangkoarmada II Hadiri Upacara HUT Ke-75 TNI Secara Virtual

Redaksi
Selasa, 06 Oktober 2020

Surabaya || ak.
Bertempat di Balai Prajurit Makodam V Brawijaya, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto bersama Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, Pangdam V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah beserta jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur hadir pada Upacara Peringatan HUT ke-75 TNI Tahun 2020 yang digelar secara virtual dari Istana Negara pada Senin (05/10/2020).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan HUT Ke-75 TNI Tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bp. Joko Widodo kali ini dilaksanakan secara virtual dengan jumlah peserta yang terbatas, diantaranya Wakil Presiden RI, Menkopolhukam, Menhan, Panglima TNI dan Kapolri serta Kepala Staf masing-masing Angkatan dengan mengangkat tema "Sinergi Untuk Negeri".

Dalam amanatnya Presiden Joko Widodo menyampaikan " Sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer untuk Perang atau OMP, tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang atau OMSP. Melalui OMSP, TNI dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini" jelas Presiden.

"Sebagai Panglima Tertinggi Tentara Nasional Indonesia, saya menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI, bahwa dunia berubah dengan sangat cepat, dunia bergerak dengan sangat dinamis. Transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis, dinamika ancaman dan perkembangan teknologi militer' lanjutnya.

Pada kesempatan ini Presiden Joko Widodo juga berkesempatan menyapa para prajurit yang sedang tugas operasi, baik yang bertugas di luar negeri maupun bertugas didaerah perbatasan. Diantaranya, Presiden berkomunikasi dengan Prajurit kontingen Garuda yang bertugas di Kongo. Sementara yang di perbatasan Presiden berkomunikasi dengan prajurit yang bertugas di pulau sekatung dan Prajurit KRI Jhon Lie yang sedang melaksanakan operasi  di laut Natuna.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa pada kesempatan ini mengingatkan kembali pesan Jenderal Besar Sudirman, bahwa kita semua harus menjadi prajurit ideologis untuk menjaga NKRI agar tetap berdaulat dan tangguh, karena kita semua merupakan bagian dari prajurit di negeri ini untuk menjadi pagar ideologi Pancasila.(AD).