KRI Bimasuci, Praktekkan Pengoperasian _School Boat_ -->

Iklan Semua Halaman

KRI Bimasuci, Praktekkan Pengoperasian _School Boat_

Redaksi
Sabtu, 03 Oktober 2020

Surabaya || ak.
Memanfaatkan waktu lego jangkar, Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla. memerintahkan Prajuritnya untuk memberikan pelatihan pengoperasian _School Boat_ kepada para Taruna, Sabtu (03/10/2020).

Dirancang sebagai kapal layar latih tiang tinggi, KRI Bima Suci dilengkapi dengan 2 School boat yang berada di lambung kanan dan kiri geladak poop deck. Kedua _School boat_ tersebut menggunakan tenaga penggerak layar, dayung dan motor tempel.

Sebelum melaksanakan praktek di laut, Kadepsenbah KRI Bima Suci Kapten Laut (P) Syaifuddin Riady, S.S.T.Han. memberikan materi teori kepada para Taruna tentang tata cara pengoperasian _school boat_ dengan menggunakan pendorong dayung, layar dan motor tempel.

Selesai pemberian teori, selanjutnya seluruh Taruna langsung melaksanakan praktek di perairan Teluk Ratai yang didampingi oleh para instruktur prajurit Depsenbah KRI Bima Suci. 

Kegiatan praktek diawali dengan cara mendayung, dilanjutkan cara merakit dan memasang layar, serta memasang motor tempel pada _school boat_ sekaligus mengoperasikannya.

Selama pelaksanaan praktek, _Rescue Boat_ KRI Bima Suci juga diturunkan guna melaksanakan pengamanan sekaligus mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan pada saat latihan praktek.

Komandan KRI Bima Suci menekankan kepada para Instruktur "Berikan pelatihan yang terbaik kepada para Taruna dan tetap utamakan _Zero Accident_ dalam pelaksanaan pelatihan, perhatikan penerapan protokol kesehatan selama proses latihan untuk mencegah penyebaran Covid-19, seperti yang telah ditekankan oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, S. E., M.M." Pungkas Letkol Waluyo.(AD)