Kepala Staf Koarmada III Bersama Keluarga Besar TNI AL Mengikuti Komsos Pencegahan Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

Kepala Staf Koarmada III Bersama Keluarga Besar TNI AL Mengikuti Komsos Pencegahan Covid-19

Redaksi
Rabu, 07 Oktober 2020

Surabaya || ak.
Kepala Staf Komando Armada III, Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah didampingi Aspotmar Koarmada III Kolonel Marinir Budiarso, S.E., dan Kadispotmar Koarmada III Kolonel Laut (P) Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto, SE., bersama segenap keluarga besar TNI Angkatan Laut, yakni para Purnawirawan dan Jalasenastri mengikuti Komunikasi Sosial secara virtual dengan tema "Peran Keluarga Besar TNI Dalam Pencegahan Wabah Covid-19 di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (7/10/2020).  

Pelaksanaan Komsos TNI dengan Keluarga Besar TNI ini dibuka secara resmi oleh Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni yang dipusatkan di Ster Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (7/10/2020). Komsos ini juga diikuti KBT seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan sinergitas untuk menanggulangi wabah Covid-19. 

Aster Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan bahwa Komsos TNI merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial yang memiliki tujuan untuk memelihara komunikasi dan bersilaturahmi TNI dengan keluarga besar guna meningkatkan sinergitas dalam mewujudkan kondisi yang tangguh, khususnya di era pandemi Covid-19. Komsos TNI juga sebagai sarana untuk menyampaikan pandangan tentang kebijakan Pemimpin TNI dan keluarga besar TNI dalam membantu pemerintah dalam menangani Covid-19. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung pada kegiatan ini, yaitu "Peran Keluarga Besar TNI Mendukung Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19".

"Menyikapi kondisi saat ini, kita bersama-sama sedang mengatasi penanganan pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas terhadap seluruh sendi kehiduan masyarakat. Pandemi Covid-19 memberikan ancaman yang sangat serius terhadap keselamatan bangsa dan negara. Tentunya sebagai keluarga besar TNI dipandang sebagai organisasi kemasyarakatan yang paling solid harus mampu berperan aktif dalam menghadapi permasalahan bangsa," ujarnya.

Pada bagian lain sambuatannya, Aster Panglima TNI mengatakan bahwa tatanan dan prilaku kehidupan baru untuk beradaptasi dengan Covid-19 serta pulihnya perekonomian menjadi harapan seluruh masyarakat Indonesia. Keluarga besar TNI diharapkan dapat melaksanakan berbagai langkah efektif serta mengkonsolidasikan seluruh potensi dan sumber daya yang ada, guna memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungan dan masyarajat sekitar dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 serta berkontribusi untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara. 

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pasal 7 ayat 2 dimana tugas pokok TNI melalui Operasi Militer Selain Perang, salah satunya adalah membantu tugas pemerintah. Berdasarkan Undang-Undang tersebut, TNI harus mempersiapkan diri untuk membantu dan mendukung kebijakan pemerintah. 

Upaya TNI dalam membantu Pemerintah dalam menangani dan mencegah Covid-19 saat ini, menyiapkan satuan dan personel untuk mendukung untuk mendukung program pemerintah, Satgas Penanganan Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh. 

"Panglima TNI telah memerintahkan kepada satuan bawah untuk merespon dengan cepat kebijakan pemerintah dalam hal ini menangani dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 diantaranya dengan melakukan penyiapan fasilitas rumah sakit, pendistribusian layanan alat medis, bakti sosial, pendirian posko bersama-sama dengan tokoh masyarakat memberikan edukasi protokol kesehatan secara terus menerus dan masih banyak lagi upaya yang telah dilakukan oleh TNI," tegasnya.(AD)