60 personil Polres Labuhanbatu bekerja sama dengan Dinkes melakukan Swab Tes -->

Iklan Semua Halaman

60 personil Polres Labuhanbatu bekerja sama dengan Dinkes melakukan Swab Tes

Redaksi
Kamis, 01 Oktober 2020

Labuhanbatu//ak.
Mengantinsipasi virus Corona Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu melakukan swab tes terhadap 60 polisi dan 93 petugas medis serta masyarakat yang kontak erat dengan suspek, probable dan konfirmasi positif Covid-19. Swab tes dikakukan di Polres Labuhanbatu Jalan MH Thamrin dan di pelataran parkir kantor Dinkes Jalan KH Dewantara Rantauprapat, Kamis (1/9/20200).

"Ada 153 orang yang di-swab tes tadi di 2 tempat. Pertama di Polres Labuhanbatu diikuti 60 personel Polres dan ASN dan selebihnya di Dinas Kesehatan diikuti staf Dinas Kesehatan Labuhanbatu dan ada masyarakat yang kontak dengan kasus suspek, kasus probable dan terkonfirmasi," kata Humas Satgas Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Labuhanbatu dr Ibnu melalui telepon seluler kepada SIB, Kamis (1/10/2020)

Dia menambahkan, Dinkes juga melakukan swab tes terhadap para medis Puskesmas Janji Kecamatan Bilah Barat dan Puskesmas Parlayuan Kecamatan Rantau Utara pada Senin (28/9/2020).

"Swab tes dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dari medis ke masyarakat dan dari masyarakat ke petugas medis di Kabupaten Labuhanbatu," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, Kamal Ilham mengharapkan dengan swab tes, dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di Labuhanbatu.

"Kita tetap berkomitmen untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Tadi kita sudah melakukan swab tes kepada 93 staf Dinkes serta petugas Puskesmas dan 60 orang di Polres Labuhanbatu," jelasnya.

Kamal menyebut hasil pemeriksaan swab tes (spesimen) dari laboratorium akan diketahui dalam kurun waktu 1-2 minggu ke depan.

"Hasil swab PCR tetap menjadi rahasia, karena akan kita serahkan semua ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Labuhanbatu," katanya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan PT Sumatera Deli Lestari Indah Medan untuk pemusnahan sampah bekas swab tes.

"Sampahnya dibawa ke Medan untuk dimusnahkan," kata Kamal, mantan Kadis Lingkungan Hidup Labuhanbatu itu.

Wakapolres Labuhanbatu Kompol M Taufik dan PJU serta personil Polres menjalani tes swab Covid-19 bekerjasama dengan Dinkes Labuhanbatu di Aula Yanpiter Mapolres.

"Swab tes ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan personel dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di internal Polres Labuhanbatu, karena personel kepolisian berada di garda terdepan dalam pelayanan masyarakat," sebut Kompol Taufik.

Dia berharap tidak ada personel Polres Labuhanbatu yang positif Covid-19. Ia mengimbau semua tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Namun, apabila ada, kita akan menerapkan prosedur keselamatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk dilakukan isolasi dan perawatan agar tidak menyebar ke keluarga dan rekan kerja," sebutnya.(je)