Tingkatkan Kewaspadaan, Prajurit KRI Makassar-590 Laksanakan Latihan PEK -->

Iklan Semua Halaman

Tingkatkan Kewaspadaan, Prajurit KRI Makassar-590 Laksanakan Latihan PEK

Redaksi
Minggu, 06 September 2020

Surabaya || ak.
Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, prajurit KRI Makassar-590 yang sedang sandar di Dermaga Semampir Timur, Ujung Surabaya melaksanakan latihan Peran Tempur Bahaya Kebocoran dan Kebakaran Kapal yang diawasi langsung oleh Perwira Dinas Operasi (PDO) Koarmada II Mayor Laut (P) Heri Koerniawan. Minggu (06/09/2020).

Di skenariokan dalam latihan kali ini KRI MKS-590 mengalami kebocoran yang terjadi di kemudi darurat karena lambung keropos, akibat terbakar dan untuk mengatasi hal ini dilakukan pemadaman api dan penghisapan air dengan menggunakan peralatan pemadam kebakaran, pompa babi, tiang penyangga, baji-baji dan bak salumbar.  Dalam waktu kurang lebih 1 jam kebocoran dapat di atasi dan dari hasil investigasi tidak ditemukan kerugian personil.

Mayor Laut (P) Heri Koerniawan yang sedang bertugas sebagai Perwira Dinas Operasi (PDO) Koarmada II menjelaskan, " Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas serta meningkatkan naluri tempur dan kemampuan prajurit  pengawak KRI yang asa di jajaran Koarmada II dalam menangani kejadian tidak terduga seperti kebocoran, atau kebakaran baik saat sedang  melaksanakan tugas Operasi maupun sedang sandar " ungkapnya.

" Latihan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan perintah langsung Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan prajurit pengawak KRI dalam mengantisipasi secara cepat dan tepat apabila terjadi tindak kecelakaan dilaut yang bisa merugikan baik persinel maupun material serta alutsista yang dimiliki oleh TNI AL, " pungkas Mayor Heri.(AD).