Pangkoarmada II Pimpin Gelar Pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan Tahun 2020 -->

Iklan Semua Halaman

Pangkoarmada II Pimpin Gelar Pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan Tahun 2020

Redaksi
Selasa, 08 September 2020

Surabaya || ak.
Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto memimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan Tahun 2020 di Dermaga Ujung, Mako Koarmada II Surabaya pada Selasa (08/09/2020).

Sebagai komponen utama Pertahanan Negara di Laut, TNI AL dituntut tampil profesional dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Hal ini yang menjadi latar belakang Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto memerintahkan kepada seluruh jajaranya untuk melaksanakan latihan secara terus menerus, bertingkat dan berlanjut baik mandiri maupun gabungan.

Pada Apel Gelar Pasukan ini, Heru-sapaan karib Pangkoarmada II mengatakan, "Selaku Pangkoarmada II sekaligus sebagai Direktur Latihan Oplagab TA 2020, kita laksanakan gelar pasukan ini guna melihat kesiapan personel dan alutsista yang nantinya digunakan, dengan harapkan latihan yang dilaksanakan mulai tahap Latposko bisa diimplementasikan pada tahap manuvra lapangan nanti" ujarnya.

"Latihan kali ini tidak hanya unsur TNI AL saja, namun juga didukung unsur Koopsau II sehingga diharapkan latihan ini lebih realistis dengan tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan selama latihan" ujar Heru.

Heru juga menambahkan, " Serial-serial yang digelar nanti tentunya juga harus ada peningkatan dibandingan latihan sebelumnya. Latihan kali ini melibatkan 2 unsur kapal selam yang akan melaksanakan pertempuran Laut, sekaligus uji coba kerjasama taktis bawah air antara KRI Nanggala dan Nagapasa. Selain itu kerja sama taktis unsur-unsur permukaan dengan pesawat udara juga diperankan dalam latihan ini" pungkas Heru.

Hadir pada Upacara Gelar Pasukan ini diantaranya Kepala Staf Koarmada II, Dan Guspurla Koarmada II, Dan Guskamla Koarmada II, Inspektur Koarmada II, Kapok Sahli, Para Asisten Koarmada II, Para Kasatker Koarmada II.(Red).