KRI Sultan Hasanuddin-366 & _Coast Guard_ Turki Laksanakan Penyelaman Bersama -->

Iklan Semua Halaman

KRI Sultan Hasanuddin-366 & _Coast Guard_ Turki Laksanakan Penyelaman Bersama

Redaksi
Rabu, 30 September 2020

Surabaya || ak.
KRI Sultan Hasanuddin -366 yang tergabung dalam Satgas  MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL melakukan  penyelaman bawah air bersama dengan _Coast Guard_ Turki, saat kapal melaksanakan Port Visit di dermaga Mersin International Port (MIP) Mersin, Turki. 

Sebelum melakukan penyelaman bawah air, lebih dulu dilaksanakan pengecekan kondisi para prajurit oleh tim Kesehatan KRI Sultan Hasanuddin -366 dan dilanjutkan  pengecekan alat-alat serta briefing penyelaman. Dalam penyelaman ini  KRI SHN menerjunkan 3 penyelam, sedangkan penyelam dari _Coast Guard_ Turki menerjunkan 1 penyelam. 

"Penyelaman bersama ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan kemampuan dan menguji keterampilan prajurit dalam menyelam, serta sebagai upaya mempererat persahabatan dan kerja sama antara TNI AL dengan _Coast Guard_ Turki" ungkap Dansatgas MTF TNI XXVIII-L/UNIFIL Letkol Laut (P) Ludfy, sekaligus sebagai Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366.

Ludfy menambahkan, " Menyelam merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki prajurit TNI Angkatan Laut khususnya  bagi prajurit yang berdinas di KRI, guna menghadapi pengecekan rutin bangunan kapal bawah air termasuk kemudi, propeler dan peralatan navigasi ataupun dalam situasi darurat seperti kebocoran. Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari arahan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar selama melaksanakan misi perdamaian PBB, seluruh anggota Satgas MTF memanfaatkan kesempatan yang ada untuk meningkatkan kemampuan mereka melalui latihan bersama dengan Angkatan Laut Turki maupun negara lain yang terlibat, " pungkas Ludfy.(AD)