Khidmat, Prajurit Koarmada III Ikuti Upacara HUT ke-75 TNI AL Secara Virtual Kasal: TNI AL Selalu Siap Dioperasionalkan yang diwujudkan Dalam Bentuk Kehadiran di Laut -->

Iklan Semua Halaman

Khidmat, Prajurit Koarmada III Ikuti Upacara HUT ke-75 TNI AL Secara Virtual Kasal: TNI AL Selalu Siap Dioperasionalkan yang diwujudkan Dalam Bentuk Kehadiran di Laut

Redaksi
Kamis, 10 September 2020

Sorong || ak.
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menegaskan bahwa selaras doktrin Jalesveva Jayamahe, kekuatan Angkatan Laut memiliki karakter yang dipengaruhi medan tugasnya di laut, serta karakteristik kekuatan dan kemampuan armada tempurnya, salah satunya adalah kekuatan militer yang selalu siap dioperasionalkan (Ready Force). Hal ini diwujudkan dalam bentuk kehadiran di laut atau Naval Presence, baik pada situasi damai, masa krisis hingga masa perang dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI serta melindungi kepentingan nasional Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

"Dihadapkan pada ancaman dan tantangan yang dihadapi bangsa saat ini, Naval Presence memiliki makna yang luas yakni kehadiran Angkatan Laut yang siap dan mampu menjadi jawaban atau Problem Solver terhadap segala ancaman, gangguan, dan tantangan nyata yang dihadapi bangsa Indonesia," tegas Kasal dalam amanatnya ketika bertindak selaku Irup pada upacara HUT ke-75 TNI AL di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (10/9/2020) yang diikuti segenap prajurit Koarmada III secara virtual di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat. 

Sejarah telah mencatat, lanjut Kasal bahwa ketika bangsa ini mengembalikan Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi, Angkatan Laut hadir dalam Operasi Trikora. Ketika Ibukota Jakarta membara dilanda kerusuhan massa tahun 1988, Angkatan Laut hadir meredam para demonstran. Ketika negara lain mempermasalahkan batas wilayah maritim kita, Angkatan Laut hadir mengamankan setiap batas maritim dan pulau terluar. 

Ketika KM Sinar Kudus dibajak di Somalia, Angkatan Laut hadir membebaskan sandera. Ketika penyebaran narkotika makin marak, Angkatan Laut hadir menggagalkan penyelundupan sabu di kapal Sun Rise Glory. Ketika negara dilanda wabah Covid-19, Angkatan Laut hadir bersama kekuatan nasional lainnya dalam mengatasi pandemi.  

"Inilah bukti...inilah jawaban…dan inilah amanah bangsa dan negara bagi kita Prajrit Samudera…Ketika kepentingan nasional dan negara terancam, Angkatan Laut selalu hadir menjadi jawaban…Ketika Ibu Pertiwi memanggil…Angkatan Laut selalu hadir," tegas Kasal kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut.

Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, kita berkomitmen membangun TNI AL yang siap dioperasikan atau Operational Ready Force, sehingga Angkatan Laut mampu hadir kapanpun dan dimanapun negara dan rakyat membutuhkan, tagsnya. Peringatan HUT ke-75 TNI AL bertemakan "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern, dan tangguh Guna Mendukung Indonesia Maju". Seusai mengikuti upacara tersebut secara virtual, dilaksanakan ramah-tamah seluruh prajurit dengan menjaga jarak minimal dua meter.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(AD)