Kemesraan Prajurit Koarmada III dengan Nelayan Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa -->

Iklan Semua Halaman

Kemesraan Prajurit Koarmada III dengan Nelayan Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Redaksi
Jumat, 11 September 2020

Sorong || ak.
Dalam rangka meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, Dinas Pembinaan Potensi Maritim Komando Armada (Dispotmar Koarmada) III menyelenggarakan silaturahmi dengan nelayan di ruang terbuka Balai Desa Kampung Arar, Pulau Arar, Sorong, Papua Barat, Jumat (11/9/2020). Kegiatan ini dikemas sebagai komunikasi sosial antara Koarmada III dengan nelayan yang diawali pemeriksaan suhu badan dan pembagian masker.

Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadispotmar Koarmada III Letkol Laut (P) Eko Hariyanto, S.E., mengatakan bahwa kegiatan komunikasi sosial yang diselenggarakan hari ini, pada hakikatnya memiliki makna sebagai  upaya yang dapat memberikan wawasan dan motivasi kita selaku insan maritim dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Menurut Pangkoarmada III bahwa kegiatan komsos ini merupakan program kerja pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan oleh Koarmada III dengan tema " Melalui kegiatan komunikasi sosial TNI, kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa guna mempertahankan kedaulatan NKRI". Tujuannya adalah memberikan pemahaman tentang komunikasi sosial TNI dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI dengan segenap komponen bangsa guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara yang harus dijaga demi keutuhan NKRI.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan implementasi nyata bentuk hubungan silahturahmi antara Koarmada III dengan komponen masyarakat maritim, khususnya nelayan dalam rangka memperdayakan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 pasal 7.

"Aplikasi undang-undang tersebut, Dispotmar Koarmada III memiliki tugas menyelenggarakan fungsi pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di bidang maritim, yang meliputi pembinaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan serta pemberdayaan pembangunan kelautan di wilayah Koarmada III.

Seusai penyerahan bantuan bahan pokok, silaturahmi ini dilanjutkan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 oleh Satgas Covid Kota Sorong Ahmad Krisnady, Hukum Laut oleh Mayor Laut (KH) Edy Sumirat, S.H., dan sambutan Kepala Bamus Kampung Arar Ahmad Saka.(AD)