Dukung Ketahanan Pangan Nasional Puslatopsla Kodiklatal Manfaatkan Lahan Kosong. -->

Iklan Semua Halaman

Dukung Ketahanan Pangan Nasional Puslatopsla Kodiklatal Manfaatkan Lahan Kosong.

Redaksi
Rabu, 02 September 2020

Surabaya || ak.
Banyak cara untuk mendukung ketahanan pangan Nasional, salah satunya dengan memanfaatkan lahan kosong seperti yang dilakukan prajurit Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal)  dengan bercocok tanam Holtikultura, Rabu, (2/9).

Pemanfaatan lahan kosong kesatrian Puslatopsla Kodiklatal ini sebelum dilaksanakan penanaman tanaman diawali dengan menggemburkan lahan  terlebih dahulu oleh para  prajurit Puslatopsla. Setelah dilaksanakan penggemburan baru di dilaksanakan penanaman tanaman seperti sayuran diantaranya sawi, kangkung, terong dan bayam. 

Selain menanam langsung ketanah yang telah digemburkan para prajurit Puslatopsla juga menanam sayuran secara hidroponik dengan menggunakan pipa pralon yang sudah dilubangi dan diisi dengan air bernutrisi.

Dalam mendukung program pemerintah ketahanan pangan Prajurit Puslatopsla selain menanam tanaman sayuran juga menggali di lahan yang kosong untuk pembuatan kolam, supaya air tidak  banyak meresap para prajurit memanfaatkan kain terpal. Setelah didiamkan beberapa hari selanjutnya kolam tersebut diisi ikan lele.

Pemanfaatan lahan kosong ini dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional akibat merebaknya virus corona yang hingga saat ini belum reda. Selain itu pemanfaatan lahan kosong ini menindak lanjuti perintah Komandan Kodiklatal  agar disetiap Satuan kerja di bawah Kodiklatal mendukung program pemerintah dibidang pangan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai tanaman dan sayuran serta pembudidayaan ikan air tawar.  Penanaman sayuran lebih mudah dalam penanaman dan perawatannya sehingga tidak menyita waktu saat bekerja para prajurit Puslatopsla.(AD)