Danramil 09/Seuneudon Hadiri Acara Adat " Kenduri Blang" Masyarakat Merbo Puntong -->

Iklan Semua Halaman

Danramil 09/Seuneudon Hadiri Acara Adat " Kenduri Blang" Masyarakat Merbo Puntong

Redaksi
Selasa, 22 September 2020

ACEH UTARA || ak. 
Koramil 09/Seunedon  dipimpin oleh Danramil Lettu Inf Mustafa  beserta 5 orang Babinsa menghadiri acara kenduri blang turun kesawah yang bertempat di Desa Merbo Puntong, Kecamatan Seunedon, Senin (22/09/2020).

Untuk diketahui, adat budaya Kenduri blang merupakan sebuah tradisi turun temurun dilakukan sebelum turun ke sawah. Bisa dikatakan, suatu upacara ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat Aceh sebelum terjun ke sawah untuk bercocok tanam.

Agar kegiatan berlangsung khidmat dan mendapatkan keberkahan, terlebih dahulu dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an yang selanjutnya penyampaian kata sambutan dari Ketua Kelompok tani.

"Acara kenduri blang kita lakukan setiap hendak turun ke sawah, sama-sama kita berdo'a agar padi terhindar dari serangan hama dan nantinya memperoleh hasil yang melimpah," ucap Yusra.

Sementara, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP menyampaikan melalui Danramil 09/Seunedon Lettu Inf Mustafa akan terus memberikan pendampingan kepada petani sehingga tujuan dapat tercapai target tanam dan hasilnya juga nanti maksimal.

"Kita terus memberikan pendampingan kepada petani, apalagi Desa Merbo Puntong termasuk salah satu tempat penghasil padi yang banyak di Kabupaten Aceh Utara," ungkap Danramil.

"Ianjutnya Danramil mengharapkan, petani Desa Merbo Puntong bisa lebih semangat dan terus termotivasi untuk meningkatkan aktifitas bercocok tanam di berbagai hamparan sawah yang ada"Tutupnya. (Sam)