Dua Pekan Jelang KJK 2020, Taruna AAL Tingkat lll Agkatan ke-67 Terima Pembekalan Gubernur AAL -->

Iklan Semua Halaman

Dua Pekan Jelang KJK 2020, Taruna AAL Tingkat lll Agkatan ke-67 Terima Pembekalan Gubernur AAL

Redaksi
Sabtu, 29 Agustus 2020

Surabaya || ak.
Dua pekan menjelang keberangkatan Satgas Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2020, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Agkatan ke-67 menerima pembekalan dari Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M, Sabtu, (29/8).

Pembekalan yang digelar di Auditorium Gedung Mandalika, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya ini, juga dihadiri Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Dirdik , Dirpers, Dirlog, Danmen, Kadepmar, Komandan KRI Bima Suci, Ibu Asuh Taruna Ny. Eni Edi Sucipto beserta jajaran pengurus CBS Jalasenastri AAL.

Pembekalan Gubernur AAL kali ini, diawali dengan paparan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2020, Mayor Laut (P) Aris Dianto. M.Tr.Han tentang rencana garis besar pelaksanaan KJK.

Menurut Gubernur AAL, latihan KJK ini merupakan bagian  dari kurikulum AAL yang berbobot enam SKS, sehingga wajib diikuti Taruna. Pelaksanaan pelayaran KJK kali ini dilakukan di dalam negeri, karena adanya pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya  pun dengan berbagai pembatasan dan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Edi -sapaan akrab Gubernur AAL ini- tujuan latihan ini adalah untuk membentuk mental kejuangan dan karakter prajurit matra laut, melaksanakan pelayanan navigasi lingkaran besar, astronomi dan praktek semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya.

Kemudian memberikan wawasan kepada Taruna tentang tempat atau daerah yang di singgahi dan merealisasikan publikasi tentang AAL / TNI AL pada umumnya kepada masyarakat

Dari latihan ini lanjutnya, diharapkan dapat  terwujudnya mental kejuangan dan karakter Taruna AAL tingkat lll sebagai calon perwira matra laut serta aplikasi teori sesuai materi Korps masing masing.

KJK yang berlayar menggunakan KRI Bima Suci ini, diikuti 131 peserta latihan yang terdiri dari 111 Taruna AAL Tingkat lll angkatan ke-67 (Korps Pelaut 42, Teknik 14, Elektro 15, Suplai 16 dan Marinir 24), 15 orang staf latihan, 2 tenaga medis, 2 persoenl penerangan dan 1 personel pengamanan.

Latihan KJK yang akan berlangsung selama 98 hari dari 14 September hingga 21 Desember 2020 ini, akan menyinggahi 10 kota pelabuhan dalam rute perjalanan keliling Indonesia ini, antara lain Surabaya, Lampung, Sabang, Belawan, Tanjung Pinang, Ranai, Tarakan, Miangas, Sorong, Tual, Kupang dan kembali ke Surabaya.

Selama pelayaran berlangsung, para Taruna Tingkat lll ini akan mendapatkan berbagai materi sesuai dengan Korps masing masing-masing dan latihan praktek secara parsial maupun integratif Korps dalam beberapa hal pengoperasian kapal.

Kegiatan di pelabuhan yang disinggahi antara lain courtesy call terbatas, olahraga persahabatan dengan pangkalan TNI AL, cocktail party dan malam kesenian, GS Taruna  live streaming di kapal, city tour (dalam bus/tidak turun).

Dibagian akhir pembekalannya, Ia menekankan para Taruna untuk patuh pada aturan yang berlaku, tetap jaga kondisi tubuh agar sehat dan disiplin jalankan protokol kesehatan dengan cukup makan, cukup istirahat, jangan stress agar imunitas tubuh tetap terjaga.(AD)