Babinsa Koramil 05 Kedawung Bersama Petani Laksanakan Gropyokan Tikus -->

Iklan Semua Halaman

Babinsa Koramil 05 Kedawung Bersama Petani Laksanakan Gropyokan Tikus

Redaksi
Rabu, 23 Maret 2022

Sragen - Sebagai upaya memberantas hama tikus dilahan pertanian (persawahan) Dukuh Nglaban, Kecamatan Kedawung, puluhan petani dibantu anggota Koramil 05/Kedawung melaksanakan Gropyok Tikus di lokasi persawahan Poktani Makmur  Desa Mojokerto Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Rabu, (23/03/2022).

Babinsa Mojokerto Koramil 05/Kedawung Koptu Wariyanto bersama petani langsung terjun ke sawah untuk mengendalikan populasi hama tikus agar tidak berkembang biak. Sebab, tikus mampu merusak padi yang sedang tumbuh di areal persawahan. "Pada masa tanam seperti ini, para petani harus mewaspadai serangan hama tikus. Babinsa memang harus tanggap terhadap situasi yang ada agar petani tidak gagal panen,"ungkap Wariyanto.

Dengan dilaksanakannya kegiatan, diharapkan hama tikus diwilayah Desa Mojokerto dan sekitarnya dapat berkurang dan dapat meningkatkan hasil Pertanian, untuk percepatan swasembada pangan khususnya di Kecamatan Kedawung.

Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sebagai wujud pendampingan TNI kepada para petani. kegiatan gropyokan tikus dengan cara pemberian obat Klerat 0,00BB dan pengemposan asap belerang di lubang tikus yang dilakukan oleh para petani dan hasilnya terbukti cukup efektif,"ujarnya.

Apem Desa yang mengikuti kegiatan tersebut menambahkan, upaya perang terhadap hama tikus sawah ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil panen petani di Desa Mojokerto.

"Dengan adanya pendampingan dari Babinsa Koramil 05/Kedawung secara berkelanjutan kami optimis akan mendapatkan hasil panen terbaik tahun ini. tandas Sumiran.(Agus Kemplu)