Isu Tentang Penyelundupan Narkoba Jadi Topik Utama Diskusi Maritim Latma CARAT 2021 -->

Iklan Semua Halaman

Isu Tentang Penyelundupan Narkoba Jadi Topik Utama Diskusi Maritim Latma CARAT 2021

Redaksi
Kamis, 04 November 2021

Surabaya - Isu tentang kegiatan penyelundupan narkoba yang kerap terjadi di perairaran Indonesia, menjadi topik menarik yang dibahas para peserta Maritime Domain Awareness (MDA) SMEE, atau forum diskusi kemaritiman yang merupakan salah satu kegiatan dalam Tahap Pangkalan (Shore Phase) Latma CARAT 2021. 

Dalam diskusi yang berlangsung secara virtual di ruang rapat Diskomlek Koarmada II, pada Rabu (3/11), delegasi TNI AL diwakilkan oleh Palaksa KRI Terapang-648 Mayor Laut (P) Dea, serta delapan perwira dari Satuan Kapal Eskorta  dan Satuan Kapal Cepat Koamada II. Sementara dari US Navy mengikutkan empat personelnya.

Diskusi diawali dengan paparan dari Dr. Asyura Salleh, United Nation Office on Drugs and Crime, Global Maritime Crime Programme yang mengangkat topik tentang Narcotics Smuggling Routes in Indonesia's Waters. Dilanjutkan mengenai  Maritime Analystic & Support to MDA oleh Jerry Heuett, dari Pacific Fleet N5C Jakarta.

Forum menjadi lebih lengkap dengan hadirnya narasumber dari TNI AL yakni Letkol Laut (K/W) Cecilia Harefa, pamen Dispamsanal Mabesal yang memaparkan tentang Joint MDA Concept from Indonesia Perspective : TNI AL & TNI AU. Dan sebagai penutup adalah narasumber dari delegasi Amerika Serikat, yakni Capt (Ret) Craig Schnappinger,dari Institute for Security Governance/ISG dengan isu mengenai UAS Integration & Support to MDA.

Ditempat terpisah yakni di Pantai Kenjeran, personel Satkopaska dan Satran Koarmada II mendapat pengetahuan baru terkait Ranjau dan Bahan Peledak dalam sesi Mine Warfare Exercise (Minex), dan Explosive Ordnance Disposal (EOD). Tim Minex dan EOD US Navy secara gamblang mempraktekkan langsung tiga materi berupa CBRN (Chemical Biologic Radiologic and Nuclear)  topik Downrange Procedure. Berikutnya praktek Counter Improvised Explosive Device (C-IED) Robotic Recon & Identification, dan terakhir ditutup dengan praktek C-IED topik IED Procedure on Closed Room/Area.

Dijadwalkan tahap pangkalan akan berlangsung hingga tanggal 5 November 2021, yang segera dilanjutkan dengan Sea Phase atau yang dikenal dengan Tahap Manuver Lapangan pada tanggal 8 hingga 10 November 2021 di Pantai Pasir Putih Situbondo.(Pen2)