Keteladanan Nabi Muhammad SAW Sebagai Kunci Sukses Dalam Membangun Peradaban Bangsa -->

Iklan Semua Halaman

Keteladanan Nabi Muhammad SAW Sebagai Kunci Sukses Dalam Membangun Peradaban Bangsa

Redaksi
Sabtu, 23 Oktober 2021

Surabaya  - Di tengah situasi pandemi COVID-19 yang  masih melanda di tanah air, SMK KAL -1 bersinergi dengan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya , Jum'at (22/10) melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H . Peringatan  kali ini dilaksanakan di Masjid Quwatul Bahriyyah Komplek Komando Pembinaan  Doktrin,  Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut ( Kodiklatal) Surabaya di ikuti oleh 550 Siswa SMK KAL-1, Guru dan Staf serta , dari  keluarga besar Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya.

Mengawali peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, disampaikan pembacaan Kitab Suci  Al - Qur'an oleh siswa Lukman kelas XII TKR A, suaranya merdu  meski tidak dipersiapkan dan di tunjuk secara mendadak oleh guru nya, peserta yang hadir menyimak dan mendengarkannya  secara khusuk.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya  Kolonel Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si menekankan kepada siswa yang hadir bahwa  ada  tiga sukses dalam kehidupan ini,  pertama keteladan nabi Muhamad SAW yang harus menjadi panutan hal ini sesuai firman Allah SWT dalam Al Qur'an surat 33 ( Al Ahzab  ) ayat 21 yang artinya :  Sungguh telah ada pada diri Rosulullah itu suri tauladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap Rahmat  Allah dan kedatangan hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah, dan yang kedua adalah proses pendidikan yaitu kemampuan untuk memobilisasi segenap komponen pendidikan, yaitu tujuan,  siswa, pendidik, isi/materi, situasi lingkungan dan alat pendidikan serta yang ketiga adalah mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkelanjutan, yang berarti hal ini akan bisa terwujud apabila nilai nilai kebenaran yang dijadikan acuan berdasarkan Al Qur'an dan Hadist Nabi, bukan berdasarkan pengamatan, perasaan dan logika belaka.

Sementara itu dalam tauziahnya  Ustadz  Suhadi  Fadjaray  menyampaikan,   beberapa narasi yang membangun motivasi siswa meraih kesuksesan  Jangan mati-matian mengejar sesuatu yang tidak bisa di bawa mati,  dan yang bisa di bawa mati adalah : sedekah jariyah,  ilmu yang bermanfat dan anak yang sholih yang mendoakan ibu bapaknya,  motivator pendidikan ini juga mengungkapkan bahwa puncak pretasi seluruh siswa bukan pada perolehan tropy, bukan pada Ijazah. Namun puncak prestasi adalah kalau mendapatkan predikat anak sholih. Harapannya adalahya  sukses di dunia menjadi tokoh-tokoh  yang hebat dan nanti saat di akherat masuk surga bersama Rosullah. Bukan seperti  Raja Fir'aun yang sukses di dunia,  kaya raya bahkan sepatunya dari emas, namun menjelang ajalnya sudah diputuskan Allah sebagai penghuni neraka, bahkan  sepatu emasnya meluber ke neraka "pungkasnya"

Di tengah-tengah tauziahnya sang motivator nasional ini memberikan beberapa pertanyaan kepada seluruh siswa, apa –apa yang telah di sampaikan dalam tauziahnya. Bagi para siswa yang dapat menjawab pertanyaan materi yang telah disampaikan  dengan benar , siswa mendapatkan door price berupa dana gratis SPP  1 bulan ( Rp. 475.000,-) yang sudah di siapkan dari sekolah. 

Dalam menjawab beberapa pertanyaan  yang diajukan , berhasil menjawab dengan benar 8 siswa masing-masing :  Arya Putra kelas XI TPM A, Keanu Akbar XI TPM A,  Nicholas Aditya Pratama X TITL, Ahmad Farid Oesman kelas X T. Log, Dewa Risky. S kelas X T. Log, Anggita kelas XII TAV dan Serly kelas XII TAV.
 
Pada kesempatan  lain  manajemen SMK KAL-1 akan selalu   mempertahankan tradisi ini. Harapannya tradisi ini akan  terus dilestarikan hingga ke generasi-generasi selanjutnya. Sehingga ke depan, generasi muda bangsa ini akan tetap konsisten dalam menjalankan ajaran agama Islam.

Menurut Pemangku otoritas SMK KAL-1 ini dengan digelarnya kegiatan ini menandakan bahwa di sekolah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini sudah bisa melaksanakan aktivitas seperti dulu lagi, pembelajaran tatap muka  (TPM) dapat di laksanakan namun tetap dengan protokol kesehatan yang benar.
"Sekali lagi ini adalah bukti bahwa vaksin di SMK KAL-1 sudah berhasil sehingga tingkat penularan COVID-19 dibilang sudah mulai mereda," kata Kepsek. Ia menambahkan bahwa SMK KAL-1 untuk segera mencapai Herd Immunity(Red).