Jelang Tupdik, Siswa TNI AL Dikmata Angkatan XL/2 TA. 2021 Dapatkan Pembekalan Dankodiklatal -->

Iklan Semua Halaman

Jelang Tupdik, Siswa TNI AL Dikmata Angkatan XL/2 TA. 2021 Dapatkan Pembekalan Dankodiklatal

Redaksi
Senin, 20 September 2021

Surabaya - Menjelang Pelaksanaan Penutupan Pendidikan, sejumlah 313 Siswa TNI AL Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XL/2 TA. 2021 yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mendapatkan pembekalan Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (20/9/2021).

Ke-313- siswa Dikmata Angkatan XL/2 TA. 2021 saat ini sedang menempuh pendidikan di beberapa Pusdik dibawah Kodikdukum antara lain Pusdiktek, Pusdiklek, Pusdikbanmin, Pusdikkes dan Pusdikpomal. Selain para siswa di bawah Kodikdukum, juga terdapat siswa Dikmata yang sedang menempuh pendidikan di Pusdikpel Kodikopsla yaitu di Sekolah Artileri (Seart) dan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar).

Hadir dalam pembekalan tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Komandan Kodikopsla, Komandan Kodikdukum, Wadan Kodikdukum, para Komandan Pusdik dibawah Kodikdukum,  Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal, serta hadir pula para Komandan Sekolah.

Dalam pembekalanya Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa suatu negara keberadaan tentara sangat mutlak diperlukan, karena keberadaan tentara tersebut sangat berpengaruh dalam keberlangsungan suatu negara terutama menjaga negara dari serangan musuh dari luar maupun rong-rongan dari dalam negeri sendiri.

Menurutnya perang bisa terjadi karena adanya suatu kepentingan  baik ekonomi, sumber daya alam maupun kepentingan lainya, akan tetapi bila perang terjadi akan merusak sendi kehidupan, mulai kehancuran insfrastruktur, kematian manusia dari kedua belah pihak yang berperang maupun dampak kerugian ekonomi akibat yang ditimbulkan perang.

Dankodiklatal ini juga menyampaikan agar tidak terjadi perang TNI harus memiliki alutsista yang memadai dan diisi dengan personel-personel yang terlatih berkualitas dan profesional. Oleh sebab itu dirinya berharap agar siswa Dikmata ini terus belajar dan haus akan ilmu pengetahuan serta selalu mengisi diri sesuai profesi yang dimiliki sehingga dengan SDM yang unggul menjadikan negara lain segan kepada TNI AL dan TNI pada umumnya.

Setelah melaksanakan pendidikan di Kodiklatal lanjutnya, para siswa Dikmata Angkatan XL/2 TA. 2021 ini akan ditempatkan dibeberapa alutsista KRI TNI AL, berkaitan dengan penugasan di tempat baru tersebut Dankodiklatal berpesan agar para prajurit selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dimudahkan dalam kedinasan, mengingat orang tua karena doa kedua orang tua selalu mustajab.
 
Pesan lainya mematuhi prosedur kerja ditempat yang baru, melatih dan meningkatkan kemampuan sesuai profesi yang dimiliki serta senantiasa disiplin, menjaga hirarki dan kehormatan militer dimanapun ditugaskan. Sehubungan masih masa pandemi Covid 19 agar para prajurit tetap menjaga protokol kesehatan dimanapun ditugaskan.(AD)