TNI AL Tingkatkan Intensitas Serbuan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Masyarakat Maritim -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Tingkatkan Intensitas Serbuan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Masyarakat Maritim

Redaksi
Rabu, 30 Juni 2021

Surabaya - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHMRP., M.Tr.Opsla., menegaskan kepada seluruh staf dan Lantamal serta Lanal jajarannya agar meningkatkan intensitas serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim, warga pesisir dan pulau-pulau kecil di wilayah kerja masing-masing. 

"TNI Angkatan Laut mendukung program vaksinasi nasional, satu juta vaksin perhari. Melonjaknya kasus positif Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini, memerlukan keseriusan semua pihak untuk segera memutus mata rantai Covid-19 di tanah air," tegas Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHMRP., M.Tr.Opsla., pada acara Entry Briefing di Markas Panglima Koarmada III Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (30/6/2021). 

Entry Briefing Pangkoarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., dan dihadiri Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Hendri Supriantodan para pejabat utama Koarmada III lainnya, serta diikuti secara virtual para Komandan Lantamal dan Komandan Lanal jajaran Koarmada III.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada III menegaskan kepada seluruh jajaran Koarmada III agar melaksanakan perintah Panglima TNI untuk memperkuat sinergitas tiga Pilar, yaitu TNI – Polri – Satgas Covid-19 menjalankan strategi TNI mengatasi lonjakan Covid-19 serta melakukan pendekatan kultural dalam pelaksanaan 3 T (Testing, Tracing, dan Treatmen) kepada masyarakat. "Seluruh prajurit Koarmada III dan keluarga juga harus menjadi contoh dalam menerapkan protocol Kesehatan Covid-19," tegasnya.

Intensitas serbuan vaksinasi Covid-19 terhadap prajurit dan masyarakat Kota Sorong dipusatkan di rumah sakit TNI AL Oetojo, sedangkan serbuan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sorong dipusatkan di Mako Koarmada III dan shalter tank Brigif 3 Marinir, Katapop, Kab. Sorong, Papua Barat. Selain itu, Lantamal XIV Sorong juga melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat yang berdomisili di Pulau Sop dan Pulau Doom. Pada saat vaksinasi, petugas kesehatan TNI AL juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya vaksinasi Covid-19 dan disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

Serbuan vaksinasi Covid-19 di Jayapura dipusatkan di RSAL dr. Soedibjo Sardadi, dan Balai Pengobatan Amfibi Lantamal X, dan pelabuhan laut Kota Jayapura.
Serbuan hari ketiga tersebut mencapai 1.082 orang. Serbuan vasinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Merauke dipusatkan di RSAL Lantamal XI, demikian halnya di Ambon dipusatkan di RSAL dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX. 

Sementara itu, Lanal Ternate bekerja sama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim di Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan. Dalam serbuan tersebut, diikuti masyarakat pesisir pulau maitara lebih dari 200 orang dilaksanakan dengan rangkaian peneriman dan pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin covid-19, observasi selama 30 menit, dan pemberian sembako kepada masyarakat yang selesai melaksanakan vaksin.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir.(AD)