Koarmada III Selenggarakan Pelatihan Pengolahan Tepung Ikan Bagi Nelayan -->

Iklan Semua Halaman

Koarmada III Selenggarakan Pelatihan Pengolahan Tepung Ikan Bagi Nelayan

Redaksi
Rabu, 04 November 2020

Surabaya || ak.
Komando Armada (Koarmada) III menyelenggarakan pelatihan pengolahan tepung ikan bagi nelayan di Pulau Doom, Kota Sorong, Papua Barat, selama satu minggu. Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), di Gedung Serba Guna Kantor Kelurahan Doom Timur, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (4/11/2020)

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada III juga menyerahkan 10 unit mesin pabrik pembuat tepung ikan, masing-masing lima unit untuk masyarakat Doom Barat yang diterima Lurah Pulau Doom Barat, Pabe Yembise, S.Sos., dan lima unit untuk masyarakat Doom Timur yang diterima Lurah Doom Timur M. Diamin Arfan. 

Program ini merupakan salah satu implementasi kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam rangka menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Pangkoarmada III dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan program kerja pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan oleh Koarmada III untuk memanfaatkan dan mengolah limbah ikan menjadi tepung ikan yang tentunya akan memberikan dampak positif dan ekonomis baik bagi lingkungan maupun untuk masyarakat nelayan Pulau Doom. 

"Pada pelatihan ini juga, Koarmada III melalui Dinas Potensi Maritim menyerahkan 10 buah mesin tepung ikan kepada masyarakat nelayan Pulau Doom dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan guna mendukung program pemerintah dalam membuka lapangan kerja baru serta mengatasi limbah ikan yang berdampak negatif bagi kebersihan dan keindahan laut," ujarnya. 

Kegiatan tersebut juga hadir Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama Maman Firmansyah, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Lilik Supariana, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Sorong Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Aspotmar Pangkoarmada III Kolonel Marinir Budiarso, S.E., Asops Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Agam Edrasmoro, serta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama di Pulau Doom.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(Red)