Kapusjaspermildas TNI Ikuti Sidang Umum ke-75 CISM di Belgia Melalui Vicon -->

Iklan Semua Halaman

Kapusjaspermildas TNI Ikuti Sidang Umum ke-75 CISM di Belgia Melalui Vicon

Redaksi
Jumat, 23 Oktober 2020

Jakarta || ak.
Kepala Pusat Jasmani Peraturan Militer Dasar  (Kapusjaspermildas) TNI Brigjen TNI Robert D. Ndona selaku Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) dan Ketua Delegasi Indonesia (KOMI) mengikuti Sidang Umum ke-75 CISM (75th CISM General Assembly) melalui Video Teleconference (Vicon) dari Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (23/10/2002).

Sidang Umum ke-75 Conseil International du Sport Militaire (75th CISM General Assembly) merupakan otoritas tertinggi CISM tahun 2020 dipimpin langsung oleh Colonel Herve Piccirillo (Perancis) selaku Presiden CISM dari Markas Besar CISM di Belgia selama dua hari, tanggal 22 s.d 23 Oktober 2020 dan dihadiri 81 negara dari 140 negara anggota CISM.

Agenda Sidang Umum ke-75 CISM meliputi rencana kerja dan evaluasi kegiatan strategis, persetujuan rencana program kerja tahunan CISM, laporan keuangan, penerimaan negara anggota baru dan perubahan kebijakan, penentuan status negara yang tidak aktif atau ditangguhkan, amandemen terhadap Statuta, amandemen Panduan Kebijakan yang mengatur masalah keuangan.  Kegiatan yang dilaksanakan CISM meliputi penyelenggaraan kejuaraan militer tingkat dunia dan Cadet Games, program solidaritas, simposium dan penelitian serta pengembangan budaya anti doping.

Situasi global pandemi Covid-19 berakibat pada pembatasan kegiatan internasional dan lintas negara berdampak pada seluruh kegiatan CISM tahun 2020 bergeser kalendernya seperti Kejuaraan ke-3 Sepak Bola Militer Tingkat Dunia di Mesir ditunda hingga akhir tahun 2021, Kejuaraan ke-4 Olahraga Musim Dingin di Jerman ditunda hingga akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022, Kejuaraan ke-3 Taruna Tingkat Dunia di Russia ditunda hingga tahun 2022.  Agenda penggalangan dana solidaritas Covid-19 dipergunakan sebagai kompensasi kerugian bagi tuan rumah penyelenggara kejuaraan dunia tahun 2020.

Kalender kegiatan CISM tahun 2021 terdiri dari cabang olahraga sepak bola wanita di USA bulan Juni, Basket Ball  di Jerman pada bulan Juni–Juli, Layar di Spanyol bulan Juni, Triathlon di Kanada bulan Juli, Life Saving di Belanda bulan Juli, Military Pentathlon di Swedia bulan Agustus, Aeronautical Pentathlon di Ecuador bulan Agustus, Modern Pentathlon di Polandia bulan September, Tinju di Russia bulan September-Oktober, Nenembak (Shotgun) di Pakistan bulan Oktober, Terjun Payung di Qatar bulan November, berkuda di Brasil, Taekwondo di Uzbekistan, Naval Pentathlon di Finlandia, Simposium Sport Science CISM di Yunani bulan Oktober, Futsal di Bosnia, Kejuaraan Dunia Sepakbola Militer CISM di Mesir bulan Desember, dan Kejuaraan Musim Dingin di Jerman.

Sementara itu, Kalender kegiatan CISM tahun 2022 terdiri dari cabang olahraga Parachuting di Austria bulan Juni, Triathlon di Spanyol bulan Juni, Life Saving di kanada bulan Juli/Agustus, Marathon di Swiss bulan Oktober, Panjat Tebing di Slovenia, Golf di USA, Modern Pentathlon di Perancis, Naval Pentathlon di Brasil, Futsal di Serbia, World Cadet Games di Russia, Heroes Military Games di Perancis bulan September, Para Sport Championship, Program Sport Science terdiri dari Pendidikan Jasmani Militer, Manajemen Olahraga dan Leadership, Kedokteran Olahraga Militer, Kemampuan jasmani minimal untuk kesiapan operasional dalam berbagai bidang operasi militer, sejarah olahraga militer, olahraga untuk membangun perdamaian.

Dari 140 negara anggota CISM, 30 negara diantaranya berstatus sebagai negara non aktif. Sidang Umum ke-75 CISM juga memutuskan sanksi kepada negara Angola berupa pembekuan partisipasi  negara tersebut  pada seluruh kegiatan CISM sampai dengan Sidang Umum CISM tahun 2022. Penyebab dibekukan karena  Angola seharusnya menjadi tuan rumah kejuaraan Cross Country tingkat dunia tahun 2018, namun dibatalkan secara sepihak 3 hari sebelum kejuaraan dimulai tanpa alasan yang jelas. 

Hal tersebut mengakibatkan kerugian secara finansial bagi calon negara-negara peserta kejuaraan khususnya biaya pembayaran tiket penerbangan. CISM telah memutuskan kepada Angola untuk mengganti kerugian-kerugian tersebut, namun hingga saat ini belum ada respon dari pihak Angola.  Dampak negatif yang terjadi bahwa Angola tidak menghormati tradisi dan aturan CISM.

Turut hadir pada Vicon diantaranya Kabidbinor Pusjaspermildas TNI selaku Sekum KOMI Kolonel Kes Ali Muhammad, S.Pd., M.Si., Kabidpermildas Pusjaspermildas TNI selaku Ketua Bendahara KOMI Kolonel Inf Oktori Bhakti, S.E., M.M., Pamen RS. Esnawan A. Halim P selaku Kebid Bin Prestasi KOMI Kolonel Kes Drs. Irfan Bachtiar, Kabidproglat Pusjaspermildas TNI selaku Kalakpuslat KOMI Letkol Inf Gandung Eko Prabowo dan Pabanda Dokops Paban II/Orstra Sops TNI selaku Urusan Perencanaan KOMI Mayor Laut (KH) Kriswanto, S.Sos., M.M.(Red)