Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta Laksanakan Urikkes Rutin Tahun 2020 -->

Iklan Semua Halaman

Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta Laksanakan Urikkes Rutin Tahun 2020

Redaksi
Kamis, 03 September 2020

Surabaya || ak.
Prajurit dan PNS Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II mengikuti pelaksanaan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) rutin tahunan, bertempat di Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta, Jl. Bintaran Kidul No.14, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta mulai hari ini, Rabu (2/9).

Kegiatan Urikkes Intensif III TA. 2020 yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal V dengan Ketua Tim (Katim) Urikkes Mayor Laut (K) Guno Wardoyo beserta 10 personel kesehatan dan pendukung, serta didukung personel kesehatan BK Lanal Yogyakarta. Tes Urikkes kali ini diperuntukkan bagi Pama, Bintara, Tamtama dan PNS setingkat dilaksanakan secara bertahap selama 3 hari yakni tanggal 2-4 September 2020.

Pada kegiatan Urikkes hari pertama diikuti oleh perwakilan tiap-tiap Satker secara bergantian melaksanakan pemeriksaan yang meliputi test tensi, test mata, test gigi, test laboratorium meliputi darah dan urin, test ECG, rontgent dan test kesehatan umum.

Menurut Kepala BK (Ka. BK) Lanal Yogyakarta Lettu Laut (K/W) drg. Erlina Fauziyah disampaikan bahwa dasar dilaksanakannya kegiatan urikkes ini mengacu kepada Telegram Kasal No. 005/KES/0120 TWU 0129.0640 tentang penyelengaraan pelaksanaan Urikkes Rutin TA. 2020 dan Surat Kadiskesal No. B/209/II/2020 tanggal 6 Februari 2020 tentang rencana Urikkes TA. 2020 serta  program kerja Diskes Lantamal V TA. 2020.

Bahwa Urikkes intensif rutin dilaksanakan setiap tahun kepada seluruh Lanal-Lanal di jajaran Lantamal V sesuai jadwal yang telah ditentukan, adapun dalam upaya meminimalisir dan pencegahan penularan Covid-19 agar dalam pelaksanaannya setiap personel membawa alat tulis sendiri sehingga tidak bergantian, disiplin bermasker, rajin cuci tangan dan tetap menjaga jarak selama melaksanakan Urikkes", tegas Ka BK Lanal Yogyakarta.

Dalam kesempatan menerima laporan kegiatan Urikkes, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek, S.E., D.S.D.S., M.A.S.S., menyampaikan arahan bahwa kegiatan Urikkes rutin ini adalah sebagai kegiatan rutin tahunan dan diwajibkan kepada seluruh prajurit dan PNS, agar mengikuti dan melaksakan Urikkes dengan sebaik-baiknya, hal ini dengan maksud dan tujuan agar semua prajurit dan PNS dapat termonitor baik oleh dinas maupun secara pribadi untuk perkembangan kondisi tubuh masing masing dan bisa mengetahui keadaan kondisi kesehatan tubuh pada saat ini dari hasil Urrikes yang telah dilaksanakan.

"Selain itu juga agar tubuh kita terbina kesehatannya dan masing masing prajurit bisa terkontrol apabila ada organ tubuh dalam kondisi yang kurang sehat akan segera dilaksanakan pengobatan atau treatment lebih lanjut sampai sembuh, sehingga terjaga kesiapan fisik personel sebagai modal dasar dalam mendukung tercapainya setiap tugas dinas sesuai yang diharapkan", jelas Danlanal Yogyakarta.(AD)