Kecamatan Pangkatan Dan Bilah Hilir Dilanda Banjir Akibat Hujan Deras -->

Iklan Semua Halaman

Kecamatan Pangkatan Dan Bilah Hilir Dilanda Banjir Akibat Hujan Deras

Redaksi
Rabu, 11 Desember 2019

Labuhanbatu// ak
Banjir melanda dua kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, sejak beberapa hari lalu akibat dari meluapnya air yang mengalir dari Sungai Bilah.

Informasi yang dihimpun awak media ini, Selasa (10/12/2019) menyebutkan, dua kecamatan yang dilanda banjir itu, Pangkatan dan Bilah hilir.

Meluapnya air Sungai Bilah ini, dikarenakan turunnya hujan yang relatif cukup deras, mulai dari hulu sepanjang Bukit Barisan hingga wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pemukiman penduduk, rumah ibadah, lahan pertanian, serta ruas jalan kabupaten dan provinsi, turut digenangi air sedalam 0,25 meter sampai 1 meter.

Desa-desa dan kelurahan yang digenangi air itu, diantaranya Pangkatan, Senbah di Kecamatan Pangkatan, Negerilama, Negerilama Seberang di Kecamatan Bilahhilir.

Dampak dari tergenangnya air di sepanjang ruas jalan Provinsi menghubungkan Aeknabara di Kecamatan Bilahhulu, sampai Tanjungsarang Elang Kecamatan Panaihulu, arus lalulintas orang dan barang dari dan ke wilayah pesisir pantai Kabupaten Labuhanbatu, sedikit mengalami gangguan.

Mengantisipasi kemacetan arus lalulintas dan menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan lalulintas, personil Polsek Bilahhilir terlihat siaga dibeberapa tempat.

Selain personil Polsek Bilahhilir, terlihat pula personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu juga tetlihat bersama masyarakat bersiaga membantu warga yabg kemungkinan menjadi korban banjir. Termasuk pula personil Koramil Bilahhilir, turut berjaga-jaga dan memantau pergerakan air.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Labuhanbatu, Atia Mukhtar Hasibuan yang dihubungi awak media membenarkan dua kecamatan didaerah ini terdampak banjir.

"Laporan sudah kita terima, pak," ucap Atia Mukhtar Hasibuan saat dihubungi via telepon selular, Selasa (10/12/2019) pagi.

Katanya, kondisi air di Dusun Sona Desa Sennah, Kecamatan Pangkatan sudah mulai surut. Begitu juga di Negerilama Seberang, Kecamatan Bilahhilir. Sembari dia menambahkan, sesuai telepon dari masing-masing kepala desa kondisi banjir masih aman.(je)