Tiga Pejabat Spers Mabes TNI AU Kunjungi Lembaga Pendidikan Kodiklatal -->

Iklan Semua Halaman

Tiga Pejabat Spers Mabes TNI AU Kunjungi Lembaga Pendidikan Kodiklatal

Redaksi
Senin, 21 Oktober 2019

Surabaya || AK.
Dalam upaya memajukan lembaga pendidikan di TNI AL dan TNI AU, tiga pejabat Spers Mabes TNI AU yang dipimpin Paban 1 Spers Mabes TNI AU Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M melaksanakan kunjungan kerja ke Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kodikopsla dan  Pusat Latihan Elektronika Kendali Senjata (Danpuslatlekdalsen) Kodiklatal.

Dalam kunjungan ke Pusdiklapa Kodikopsla, Paban 1 Spers Mabes TNI AU ini diterima Komandan Kodikopsla Laksma Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), sedangkan dalam kunjungan ke Puslatlekdalsen diterima oleh Komandan Puslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si.

Kunjungan pertama ke Pusdiklapa Kodikopsla, Paban 1 Spers Mabes TNI AU Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M  menyampikan bahwa maksud kunjungan ke lembaga pendidikan Kodiklatal ini selain silaturohmi, dirinya ingin melihat secara dekat mengenai proses pendidikan yang dilaksanakan di Pusdiklapa berikut sarana dan prasarana pendukung pendidikan Siswa Diklapa.

Menurutnya selama ini TNI AU dan TNI AL khususnya Pusdiklapa Kodiklatal telah melaksanakan kerja sama  dalam pendidikan, hal ini ditandai dengan ikutnya beberapa perwira TNI AU dalam menempuh Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL di Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal.

Sementara itu dalam sambutanya Komandan Kodikopsla menyampaikan ucapan selamat datang di Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal. Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodikopsla, memperkenalkan para pejabat utama Kodikopsla dilanjutkan penyampaian tugas dan tanggung jawab Kodikopsla sebagai unsur pelaksana dibawah Kodiklatal dalam memajukan prajurit TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal. 

Pati bintang satu dipundak tersebut juga mengatakan bahwa Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL merupakan program pendidikan untuk strata perwira yang berada dibawah Pusdiklapa Kodikopsla, dengan siswa tidak hanya dari TNI AL tetapi juga dari matra lain baik TNI AU maupun TNI AD.

Setelah dilaksanakan diskusi seputar pendidikan rombongan dari Spers Mabes TNI AU ini melanjutkan kunjungan ke Pusat Latihan Elektronika Kendali Senjata (Danpuslatlekdalsen) yang diterima Komandan Puslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si diteruskan kunjungan ke sarana pendidikan Puslatlekdalsen.
 
Adapun sarana penndidikan yang dikunjungi antara lain simulator Tactical Combat Management System (TCMS) yaitu sistim yang menyediakan semua fasilitas kepada tim Komando untuk mampu melaksanakan proses manajemen tempur dan operasi serta pengambilan keputusan Komando.

Selain itu juga melaksanakan kunjungan ke Command Team Trainer (CTT) yaitu sistim yang menyediakan simulasi fasilitas pusat informasi tempur pada KRI kelas Fatahillah, simulator Nafal Firing System (NFS) yakni sistim simulasi fasilitas persenjataan anti udara, atas air dan bawah air dan diakhiri kunjungan di Bridge Simulator yang menampilkan semua fasilitas anjungan KRI Kelas Diponegoro.(Red)