Dirum Kodiklatal Pimpin Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M -->

Iklan Semua Halaman

Dirum Kodiklatal Pimpin Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M

Redaksi
Rabu, 18 September 2019

Surabaya || AK.
Direktur Umum (Dirum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si,  mewakili Komandan Kodiklatal secara resmi memimpin acara peringatan Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M yang diikuti Prajurit antap, perwakilan prajurit siswa, Pengurus Gabungan Jalasenastri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Kodiklatal

Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M yang dilaksanakan di Masjid Ibadurahman kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut selain dihadiri Dirum Kodiklatal juga dihadiri Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Kodiklatal Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), Para Komandan Puslat dan Pusdik serta para Komandan Sekolah Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutan yang dibacakan Dirum Kodiklatal Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si,  menyampaikan bahwa peringatan  Tahun  Baru  Islam  yang  diselenggarakan secara sederhana ini, tidak  hanya  bersifat  seremonial  belaka,  namun diharapkan mempunyai  arti  penting  untuk menanamkan, memantapkan  keimanan  dan  ketakwaan  umat  Islam  Kodiklatal  kepada  sang  pencipta  Allah  Subhanahu  Wata'ala.  

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hijrah Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam dari Mekkah ke Madinah telah membawa perubahan besar terhadap peradaban umat manusia. Dari kehidupan yang tidak memiliki peradaban ke arah kehidupan yang penuh rahmat ampunan dan kasih sayang. Peristiwa ini ditandai dengan babak baru penanggalan Islam yang ditetapkan oleh Umar Bin Khattab, sehingga setiap tahunnya kita memperingati peristiwa hijrah sebagai Tahun Baru Islam. 

Uraian lebih luas tentang hikmah peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, akan disampaikan oleh bapak Ustaz Drs. Kh. Imam Hambali dengan tema, "Jadikan Hikmah Tahun Baru Islam 1441 Hijriah/2019 Masehi, Sebagai Momentum  Peningkatan  Iman,  Takwa  dan Profesionalisme Prajurit Guna Mendukung Tugas Pokok TNI". 

Sementara itu  Ustaz Drs. Kh. Imam Hambali dalam ceramahnya menyampaikan seiring dengan bergantinya tahun sebagai umat muslim kita harus berubah untuk menuju yang lebih baik. Perubahan menuju kelebih baik ini sesuai dengan Al Quran surat Anisa' ayat ke 84. 

Surat tersebut berbunyi Fa qātil fī sabīlillāh, lā tukallafu illā nafsaka wa ḥarriḍil-mu`minīn, 'asallāhu ay yakuffa ba`sallażīna kafarụ, wallāhu asyaddu ba`saw wa asyaddu tangkīlā. Ya artinya Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebani melainkan dengan kewajiban kamu sendiri. Kobarkanlah semangat para mukmin (untuk berperang). Mudah-mudahan Allah menolak serangan orang-orang yang kafir itu. Allah amat besar kekuatan dan amat keras siksaan(Nya).

Menurut Ustaz Drs. Kh. Imam Hambali berperang dalam arti tetap menjaga ukuwah dan persatuan serta meningkatkan nilai manfaat yang positif kepada orang lain dan lingkungan, serta memperbaikai kesalahan  yang diperbuat untuk kebajikan selanjutnya.(Red)