PEMKAB LABUHANBATU BERHASIL PEROLEH PROGRAM PEMBANGUNAN RUMAH BERBASIS KOMUNITAS.

Iklan Semua Halaman

PEMKAB LABUHANBATU BERHASIL PEROLEH PROGRAM PEMBANGUNAN RUMAH BERBASIS KOMUNITAS.

Redaksi
Sabtu, 10 Agustus 2019

Labuhanbatu || AK
Melalui Koordinasi dan Negosiasi secara maraton dalam waktu tidak terlalu lama (1 Bulan) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dibawah kendali Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T.M.T., didukung penuh Tim Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, akhirnya mampu memperoleh Program Pembangunan Rumah Berbasis Komunitas yang diperuntukkan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dari Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan,
Direktorat Rumah Swadaya.

Program Pembangunan Rumah Berbasis Komunitas khusus bagi  komunitas Tenaga Pendidik (Guru Non PNS) sebanyak  50 (Lima Puluh) Unit, dengan nama komunitas "GURU HONORER" segera dikerjakan diatas lahan yang berlokasi di Dusun Firdaus Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu (Jalan Utama).

Tahap pertama ini, Bupati Labuhanbatu melalui berbagai pertimbangan dan masukan dari unsur staf, secara tegas memutuskan penerima manfaat rumah adalah kepada
Komunitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang berstatus honorer di Labuhanbatu.

Sebagai bentuk keseriusan dan gerak cepat guna mewujudkan hunian baru dan asri yang dinginkan Bupati Labuhanbatu (Arsitektur) atas Program Pembangunan Rumah Komunitas dimaksud,  hari ini Jum'at Tanggal 09 Agustus 2019 melaksanakan rapat koordinasi antara pihak yang terkait guna mensukseskan program kerja tersebut, antara lain menghadirkan Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Labuhanbatu (Pelaksana Tehnis/Administratif Program), PT.  Bank Sumut Cabang Rantauprapat (Fasilitasi Kredit dan Manajemen Tata Kelola Pendanaan),  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Labuhanbatu (Sertifikat Tanah), Notaris/PPAT (Akta Otentik), Dinas Pendidikan Labuhanbatu dan PGRI Labuhanbatu (Pembina Guru/Data Guru Honorer) dan Guru Honorer sebagai Calon Penerima Bantuan (CPB) dan atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Bupati Labuhanbatu, menginginkan rapat koordinasi itu dihadiri unsur terkait secara lengkap dan bergerak cepat, berkoordinasi dengan baik serta penuh tanggungjawab sehingga tujuan dan manfaat pembangunan rumah komunitas itu segera diresmikan.

Perumahan Komunitas Guru Honorer tersebut dari Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan,
Direktorat Rumah Swadaya diperoleh Type 28 dengan biaya bantuan stimulan sebesar Rp.35.000.000,- dengan rincian Rp.30.000.000,- untuk bahan kontruksi bangunan, dan Rp.5.000.000,- untuk upah tukang, dimana setiap calon penerima bantuan wajib berswadaya dalam pelaksanaannya.

Namun atas inisiatif Kepala Daerah Labuhanbatu dan kemudian dilakukan diskusi, koordinasi dan komunikasi antar pihak terkait, diputuskan dari Type 28 menjadi Type 36 dengan pertimbangan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap guru-guru honorer di Labuhanbatu.

Pembiayaan atas perubahan Type Rumah Komunitas Guru Honorer tersebut difasilitasi oleh PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat melalui Fasilitas Kredit Mikro dengan jangka waktu 60 bulan atau 5 (Lima) Tahun dengan jumlah cicilan perbulan dapat dijangkau Tenaga Guru Honorer,  yaitu Rp.  513.000,-/bulan. Menurut Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat H. Sujendi, gagasan Bupati Labuhanbatu itu sudah tepat dan sangat membantu Guru Honorer dalam waktu 5 (Lima) Tahun dengan cicilan kecil sudah dapat memiliki rumah Type 36 lengkap dengan berbagai fasilitas umum.

Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Labuhanbatu Hj. Mahdalena Siregar didampingi Kepala Bidang Perumahan Dinas Perkim Labuhanbatu Alpin Syahpriman Pulungan, S.T., menjelaskan secara tehnis dan administratif akan segera merealisasikan Program Pembangunan Rumah Komunitas Guru Honorer sesuai keputusan,  arahan dan bimbingan Bupati Labuhanbatu. 

Seluruh gagasan, ide dan inovasi yang diarahkan Bupati Labuhanbatu yang juga sebagai seorang Arsitektur dan sudah barang tentu memahami tehnis dan administatif pembangunan sebuah perumahan, kita catat dan realisasikan dilapangan sehingga hunian baru dengan nuansa baru yang diharapkan bersama dapat terwujud.

Harapan Bupati Labuhanbatu, dikomplek perumahan komunitas guru honorer itu,  tersedia fasilitas Umum (Fasum) guna memenuhi kebutuhan sehari-hari penghuni perumahan seperti ketersediaan rumah ibadah (Musholla, Gereja), Sekolah PAUD/TK, Air Bersih,  Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), Jalan Utama Lebar 8 M, Taman Bermain Anak,  Perpustakaan/Taman Baca dan Penghijauan yang Asri. Kesemua itu akan kita laksanakan melalui koordinasi dan kerjasama yang baik antar pihak sehingga tujuan yang mulia ini dapat terwujud sesuai yang diharapkan bersama. Contohnya,  Pimpinan PT. Bank Sumut Rantauprapat didalam rapat koordinasi tadi sudah menyatakan kepada Bapak Bupati Labuhanbatu di Tahun 2020 akan menyerahkan dana Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau CSR kepada Pemkab Labuhanbatu dan Pemanfaatannya sepenuhnya diserahkan kepada Pemkab Labuhanbatu.

Dapat ditambahkan,  bahwa pada Hari Selasa,  Tanggal 30 Juli 2019 yang lalu,  Bupati Labuhanbatu bersama Kajari Rantauprapat telah meninjau secara langsung kelapangan, saat proses pematangan lahan untuk pembangunan rumah komunitas guru honorer di Dusun Firdaus Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu (Jalan Utama).(je)