Komandan Pusdikpel Kodiklatal Buka Orientasi Siswa Dikmata Angkatan Ke-39/1 TA 2019

Iklan Semua Halaman

Komandan Pusdikpel Kodiklatal Buka Orientasi Siswa Dikmata Angkatan Ke-39/1 TA 2019

Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2019

Kodiklatal || AK.
Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) Tunggul secara resmi membuka  orientasi siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke-49 Gelombang 1 kejuruan Pelaut yang dipusatkan di lapangan Laut Seram Kesatrian Bumimoro Kodiklatal. 

Pembukaan Orientasi sekaligus pendidikan awal kejuruan Pelaut tersebut diikuti 99 siswa Dikmata kejuruan Pelaut setelah sebelumnya mengikuti Pendidikan Dasar Kemiliteran di Puslatdiksarmil, Juanda, Sidoarjo. Dari 99 orang siswa tersebut selanjutnya akan menempuh pendidikan kejuruan di empat Sekolah yang berada di bawah Pusdikpel Kodikopsla yakni dua Sekolah berlokasi di Jl. Hang tuah, Ujung, dan dua Sekolah lainnya berlokasi di Bumimoro, Kodiklatal.

Dua Sekolah yang berlokasi di Ujung itu adalah Sekolah Navigasi dan Bahari (Senavbah) mendididk 30 orang, Sekolah Komunikasi Angkatan Laut (Sekomal) mendidik 20 orang siswa. Sedangkan sekolah yang berlokasi di Bumimoro yakni Sekolah Artileri (Seart) mendidik 19 Orang siswa dan Sekolah Bawah Air (Sesenbar) mendidik 20 orang siswa.

Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kokdiklatal Kolonel Laut (P) Tunggul dalam sambutannya menyampaikan bahwa Orientasi yang dibuka pada hari ini bertujuan untuk mendidik para siswa menjadi tamtama TNI Angkatan Laut yang memilih sikap dan perilaku sebagai dasar untuk menjadi prajurit profesional memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai juru  Bahari, navigasi, juru syarat, telegrafis, juru meriam, rudal, juru demolisi dan juru torpedo bom laut serta memiliki kesamaptaan jasmani prajurit matra laut.

Menurutnya orientasi ini sebagai tanda dimulainya pendidikan kejuruan di Pusdik Pelaut maka pada kesempatan ini pula akan dilaksanakan orientasi untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat kesamaptaan, kedisiplinan, kekompakan, solidaritas serta mempercepat adaptasi para siswa dilingkungan Pusdik pelaut, Mako Kodikopsla maupun Mako Kodiklatal.

Disisi lain disampaikan bahwa para siswa dalam pendidikan ini telah terpilih melalui seleksi yang ketat untuk dapat lulus dan mengikuti pendidikan ini. Oleh karena itu gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dan kembangkan kemampuan untuk berkompetisi secara sehat dan positif, patuhi dan laksanakan setiap aturan maupun kegiatan selama Mengikuti pendidikan sehingga para siswa akan menjadi seorang prajurit yang tangguh dan handal serta mampu menyelesaikan dengan baik setiap tugas yang dibebankan dari dinas.(Red)