TINGKATKAN IMAN DAN TAQWA DI BULAN SUCI RAMADHAN, CIVITAS AKADEMIKA STTAL PERINGATI NUZULUL QURAN 1440 H/2019 M. -->

Iklan Semua Halaman

TINGKATKAN IMAN DAN TAQWA DI BULAN SUCI RAMADHAN, CIVITAS AKADEMIKA STTAL PERINGATI NUZULUL QURAN 1440 H/2019 M.

Redaksi
Kamis, 23 Mei 2019

Surabaya || acehkontras.com.
Dalam rangka meningkatkan Iman dan Taqwa kepada  Allah SWT, Civitas Akademika STTAL, baik prajurit anggota tetap (Antap), PNS, Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Diploma STTAL, serta Jalasenastri CBS STTAL mengikuti peringatan Nuzulul Qur'an di bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M, di Auditorium Pulau Marore Kampus STTAL Jl.Bumimoro-Morokrembangan Surabaya.Rabu (22/5/2019)

Peringatan Nuzulul Qur'an tersebut mengambil tema ' Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan Idul Fitri 1440 H/2019 M,  Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Prajurit dan PNS STTAL Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI.'

Komandan STTAL (Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil dalam sambutannya menyampaikan kepada Seluruh Civitas Akademika STTAL, senantiasa  kita panjatkan  puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala karunianya, kita dapat melaksanakan acara peringatan Nuzulul Qur'an 1440 H/2019 M dengan berbuka dan sholat berjamaah bersama di kampus STTAL dalam keadaan sehat walafiat.

Memasuki puasa ramadhan hari ke-17 Tahun 2019 ini,saya mengajak seluruh Civitas Akademika STTAL untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah dengan rajin melaksanakan sholat berjamaah, sholat tarawih, membaca Al-Qur'an, memperbanyak infak,  sedekah, menyantuni anak yatim dan fakir miskin serta membayar zakat fitrah sebagai kewajiban individu dan zakat maal bagi yang memenuhi syarat nisabnya.

Secara Etimologis, Nuzulul Qur'an terbagi dalam dua kata yaitu nuzul dan Al-Qur'an. Pada dasarnya nuzul mempunyai arti turunnya sesuatu dari tempat tinggi ke tempat  yang rendah, sedangkan Al-  Qur'an yaitu firman Allah SWT yang telah diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. 

Secara garis besarnya yang terkandung dalam Al-Quran yakni berisi hal-hal pokok tentang Aqidah, Ibadah, Akhlak, Hukum-hukum serta ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya dan wajib hukumnya  bagi umat muslim untuk rajin membaca Al-Qur'an, memahami, mempelajari serta mengamalkannya untuk  di jadikan sebagai pedoman, tuntunan, suri tauladan, dan sumber ilmu pengetahuan bagi sendi kehidupan umat manusia.

Sebagaimana banyak pakar berpendapat bahwa Al-qur'an adalah pedoman hidup, penuntun kehidupan, penambahan keilmuan-ketaqwaan dan keimanan, sebagai sumber ilmu serta sebagai syafaat bagi kita kelak di Akherat.

Usai sambutan Komandan STTAL dilanjutkan pembagian tali asih  oleh Ketua Jalasenastri CBS STTAL Ny. Irlina Avando Bastari,  kepada anak yatim dan di lanjutkan uraian tentang hikmah peringatan Nuzulul Qur'an yang di sampaikan KH. Drs. Abdul Mutholib, AM., M.M. pengasuh Pondok Pesantren At-Tholibin Rungkut Surabaya.

Hadir Wadan STTAL, Seklem, Direktur, Kapokdos, para Kaprodi, kasatker, personel, PNS, mahasiswa STTAL, Ketua dan wakil Ketua CBS Jalasenastri STTAL.(Red)