KEPALA DAERAH KABUPATEN LABUHANBATU H.ANDI SUHAIMI DALIMUNTHE, S.T.,M.T. MENGUNJUNGI SMKN2 RANTAU UTARA -->

Iklan Semua Halaman

KEPALA DAERAH KABUPATEN LABUHANBATU H.ANDI SUHAIMI DALIMUNTHE, S.T.,M.T. MENGUNJUNGI SMKN2 RANTAU UTARA

Redaksi
Sabtu, 23 Maret 2019

Labuhanbatu || acehkontras.com
Mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri-2 (SMKN-2) RANTAU UTARA, dalam rangka memberikan bimbingan dan semangat kepada Siswa-Siswi SMKN-2 Rantau Utara,  untuk hadapi Ujian Nasional (UN) SMK/MA, yang akan berlangsung mulai hari Senin, 25-28 Maret 2019. Kegiatan itu, sekaligus dirangkai dengan kegiatan Tausiah, Sholawat, dan Do'a kepada Siswa/i yang beragama Islam dan dipandu oleh Ustadz H.Khairul Dalimunthe, S.Ag.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala SMKN-2 Rantau Utara Drs. Jabahot Simamora dan Para Guru serta Pihak Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara di Kabupaten Labuhanbatu.

Walapun, Kewenangan Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Atas dan Sederajat, sudah mutlak menjadi urusan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-Undang R.I Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, termasuk didalamnya Urusan Pendidikan SMA/SMK/MA di Kabupaten Labuhanbatu. Namun demikian, Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu tetap melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pihak Penyelenggara Pendidikan Propinsi Sumatera Utara yang ada di Kabupaten Labuhanbatu sehingga semua kegiatan proses belajar megajar berjalan dengan semakin baik.

Urusan dan Kewenangan Pendidikan SMA/SMK/MA memang sudah menjadi urusan mutlak Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, namun Siswa-Siswinya adalah warga Kabupaten Labuhanbatu dan bahkan sebahagian besar guru-gurunya adalah masyarakat Labuhanbatu. Oleh karena, rasa tanggungjawab dan rasa kepedulian terhadap keberhasilan  Siswa-Siswi itulah, kita lakukan hari ini kegiatan silaturahmi, bimbingan, sekaligus melakukan do'a bersama agar semakin sukses dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) SMK/MA, mulai hari Senin,  Tanggal 25 Maret 2019 sampai hari Kamis, 28 Maret 2019.

Sesuai Keputusan Badan Standart Nasional Pendidikan (BSNP) Direktorat Pendidikan SMK, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I, telah menerbitkan surat edaran nomor 0101/SDAR/BSNP/XI/2018, dimana BSNP menetapkan POS Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Penetapan POS tersebut dimuat dalam Keputusan BSNP Nomor 0048/P/BSNP/XI/2018 untuk POS USBN dan Nomor 0047/P/BSNP/XI/2018 untuk POS UN.

POS USBN dan UN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN tahun 2019. Secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta.

Dapat diinformasikan bahwa UN SMK/MAK tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2019, sedangkan UN SMA/MA pada tanggal 1,2, 4, dan 8 April 2019. UN Program Paket C/Ulya pada tanggal 12-16 April 2019. UN SMP/MTs pada tanggal 22-25 April 2019, sedangkan UN Program Paket B/Wustha pada tanggal 10-13 Mei 2019.(JE)