BMPS JAWA TIMUR SELENGGARAKAN DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH Angkatan VII dan VIII -->

Iklan Semua Halaman

BMPS JAWA TIMUR SELENGGARAKAN DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH Angkatan VII dan VIII

Redaksi
Selasa, 19 Maret 2019

Surabaya || acehkontras.com
Badan Musyawarah Perguruan Swasta  (BMPS) Jawa Timur bekerja sama dengan   Lembaga  Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah  (LPPKS ) menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan/ Diklat Penguatan Kepala Sekolah selama satu Minggu ( 19-25 Maret ) di hotel Zoom Surabaya.

Ketua Pelaksana   Edy  Suyatno dalam sambutannya yang di bacakan  oleh  Wakil Ketua Pelaksanan  Nugraha Aribowo, S.E  bahwa  program   BMPS  saat ini adalah memfasilitasi pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah  yang berlangsung dari tanggal 19 hingga 25 Maret 2019 di Hotel Zoom Surabaya.  Ini merupakan  hasil koordinasi  antara BMPS dengan LPPKS ( Lembaga  Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah ) sehingga  diklat dapat terlaksanakan.

Sementara itu Ketua Umum BMPS Jawa Timur  Drs Sugijanto Tj  menyatakan bahwa dengan terbitnya Permendikbud No.6 tahun 2018  tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah yang pada intinya Kepala sekolah yang di ngkat sebelum 9 April 2018 di wajibkan mengikuti Diklat Penguaatan Kepala Sekolah  ini, karena kalua tidak akan berimplikasi yang lain , terutama  diklat ini  bertujuan untuk meningkatkan kwalitas/ kompetensi dalam rangka melaksanakan kepemimpinannya guna meningkatkan mutu pendidikan. Diklat penguatan di ikuti oleh 62 kepala sekolah se Jawa Timur( Surabaya, Gresik, Malang, Pasuruan, Sampang, Lamongan  dll)  dari jenjang TK 5 orang, SD 4 orang , SMP  10 orang dan SMA 43 orang.  

Dr. Saiful Rachman, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jatim M.M., M.Pd. juga memberikan pengarahan kepada seluruh peserta diklat yang merupakan  kepala sekolah dari tingkat TK hingga SMA tersebut agar  mencermati materi yang akan di sampaikan oleh nara sumber, baik yang berasal dari  LPPKS ,  BMPS maupun lainnya. Menurutnya  leadership keberhasilan suatu lembaga  di tentukan 50 persen oleh  leadernya /pimpinannya , Jadi kalua kepala sekolah itu bagus, kwalitas kerjanya bagus  maka lima puluh persen sekolah itu akan baik, Tapi kalua lidernya sudah tidak kooperatif , seenaknya sendiri pasti sekolahnya akan kacau, dan lider pada saat ini yang laku adalah lider yang tidak menggunaan batasan - batasan , lider yag bisa merakyat yang bisa menyatu dengan yang di pimpin. Seorang kepala sekolah juga berfungsi  sebagai administrator , sebagai pengelola keuangan, dan yang  tidak kalah penting adalah seorang kepala sekolah sebagai manager  demikian "akunya"
BMPS merupakan  mitra pemerintah / penyelenggara sekolah oleh masyarakat yang ikut mencerdaskan anak bangsa  yang sekarang ini mengadakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah  ini merupakan kiprah dan mungkin untuk yang pertama kali  di selenggarakan oleh pihak swasta  ( BMPS Jawa Timur ).


Selama satu minggu para Kepala Sekolah ini akan  mendapatkan beberapa  materi yang sangat di butuhkan oleh seorang kepala sekolah dalam kesehariannya, antara lain materi  Kebijakan Kemendikbud,  Kebijakan Pemerintah Daerah, Literasi Digital, Teknik Analisis, Pengembangan RKS dan Pelaporan, Pengelolaan Keuangan,  Pengelolaan Kurikulum,  Pengelolaan PTK,  Pengelolaan peserta Didik,  Supervisi dan PK Guru, Supervisi dan PK Tendik,  Rencana PKB , Pengembangan kewirausahaan, Pengelolaan Sekolah berdasarkan SNP dll.

Hadir dalam keempatan ini para penggiat pendidikan dari berbagai organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, antara lain dari Abdullah Asegaf Ketua dari Taman Siswa, Abdulah Sani Ketua dari Ma'arif, Tokoh dari Aisyah , Babang Sugiyanto dari BMPS ( naras umber), Dra Umamah dari Hang Tuah, Ketua MKKS Hadi Sukiyanto, S.Pd.,MM serta pengurus BMPS lainnya(Red).